get app
inews
Aa Read Next : Bebas Biaya dan Berasrama, SCB Buka Penerimaan Siswa Baru Jenjang SMP

Kacau! Bocah Umur 4 Tahun Bawa Senjata Api ke Sekolah

Sabtu, 03 September 2022 | 13:01 WIB
header img
Ilustrasi senjata api. (Foto: Reuters)

HOUSTON, iNewsSerpong.id – Seorang bocah berusia empat tahun di AS kedapatan membawa pistol ke sekolah, kemarin. Peristiwa itu memunculkan kembali ketakutan masyarakat Amerika akan aksi penembakan di sekolah-sekolah.

AFP melansir, bocah empat tahun itu membawa pistol ke sebuah sekolah di Kota Corpus Christi, Negara Bagian Texas, Rabu (31/8/2022) waktu setempat atau Kamis (1/9/2022) WIB. Dua hari sebelumnya, insiden serupa juga terjadi di Negara Bagian Arizona, AS, dengan melibatkan seorang anak berusia tujuh tahun.

Kasus di Texas pertama kali terungkap oleh seorang polisi yang ditempatkan di sekolah itu. Pada saat kejadian, dia kebetulan sedang tidak bertugas. 

Polisi itu lantas meminta bantuan kepada rekannya dan memberi tahu mereka bahwa ada seorang murid berusia empat tahun membawa pistol ke sekolah. Untungnya, petugas itu berhasil mengambil alih senjata itu dari tangan sang bocah.

Menurut polisi, senjata itu adalah kepunyaan dari orang tua anak tersebut. Sang ayah, yang berusia 30 tahun, akhirnya ditangkap dan didakwa atas kelalaiannya yang menyebabkan senjata api itu dapat diakses oleh anak-anak. Laki-laki itu juga didakwa telah meninggalkan atau membahayakan anaknya.

Dalam beberapa waktu terakhir, penembakan massal di sekolah makin marak di Amerika Serikat. Pada Mei lalu, 19 anak kecil dan dua guru tewas dalam pembantaian di sebuah sekolah dasar di Kota Uvalde, Texas.

Pada Senin (29/8/2022), seorang anak berusia tujuh tahun ditemukan membawa senjata api tanpa muatan peluru di dalam ranselnya di sebuah sekolah di Kota Cochise, Arizona.

Mengetahui kejadian itu, ayah anak itu langsun pulang dari tempat kerjanya untuk memeriksa senjata api miliknya. Ternyata, senjatanya yang hilang bukan cuma satu.

Senjata kedua milik laki-laki itu ditemukan di kantor tata usaha sekolah. Menurut dugaan, anaknya menyembunyikan senjata tersebut di situ, sambil menunggu pihak berwenang.

“Orang tua diwawancarai mengaku bahwa senjata itu telah diletakkan di tempat yang mereka yakini sebagai lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak, setelah pulang berkemah baru-baru ini. Akan tetapi, tampaknya siswa kelas dua dapat memperoleh akses dan membawa pistol ke sekolah,” kata polisi.

Menurut data, hampir 400 juta senjata api beredar di Amerika Serikat. Jumlah itu lebih banyak dari total penduduk negara itu.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut