get app
inews
Aa Read Next : Mudahkan Wisatawan, Arab Saudi Izinkan Umrah Pakai Visa Turis

Pria Yaman Dicokok Polisi Saudi Arabia, Tunaikan Umrah Atas Nama Ratu Elizabeth II

Selasa, 13 September 2022 | 20:34 WIB
header img
Pria Yaman ditangkap polisi Arab Saudi setelah mengaku menunaikan Umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Foto : Ist)

RIYADH, iNewsSerpong.id - Seorang pria Yaman mengaku ke kota suci umat Islam, Mekah untuk menunaikan ibadah Umrah atas nama mendiang Ratu Elizabeth II. Kontan pria tersebut berurusan dengan Kepolisian Arab Saudi.

Pria tersebut membagikan potongan video di media sosial yang menunjukkan dirinya berada di Masjidil Haram, Mekah, kota suci umat Islam di mana orang non Muslim dilarang memasukinya.

"Umrah untuk jiwa Ratu Elizabeth II, kami meminta Tuhan untuk menerimanya di surga dan di antara orang-orang yang saleh," bunyi spanduk yang dibawanya dalam video tersebut seperti dikutip dari France24, Selasa (13/9/2022).

Jamaah Umrah Dilarang Bawa Spanduk

Rekaman itu beredar luas di media sosial Arab Saudi, dengan pengguna Twitter menyerukan penangkapan pria itu. Arab Saudi melarang jamaah umrah datang ke Mekah dengan membawa spanduk atau meneriakkan slogan-slogan.

Dan, meskipun diperbolehkan melakukan umrah atas nama seorang Muslim yang telah meninggal, ini tidak berlaku untuk non-Muslim seperti Ratu Elizabeth II, yang merupakan gubernur tertinggi Gereja Inggris, gereja induk dari persekutuan Anglikan di seluruh dunia.

"Pasukan keamanan di Masjidil Haram menangkap seorang warga berkebangsaan Yaman yang muncul dalam potongan video membawa spanduk di dalam Masjidil Haram, melanggar peraturan dan instruksi untuk umrah," bunyi sebuah pernyataan yang dikabarkan oleh media pemerintah Arab Saudi

"Dia ditangkap, tindakan hukum diambil terhadapnya dan dia dirujuk ke penuntutan umum," sambung laporan itu. Stasiun televisi Arab Saudi turut menyiarkan insiden tersebut termasuk potongan video yang kontroversial itu, tetapi dengan memburamkan bagian spanduk.

Umrah adalah ibadah yang dapat dilakukan kapan saja dan berbeda dengan haji, yang dilakukan setahun sekali serta biasanya menarik jutaan orang dari seluruh dunia. Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal pada hari Kamis lalu dan pemakamannya direncanakan pada 19 September mendatang. (*)


Ratu Elizabeth II. (Foto : publicnewstime)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 13 September 2022 - 17:54 WIB oleh Berlianto dengan judul "Tunaikan Umrah untuk Ratu Elizabeth II, Pria Yaman Dicokok Polisi Saudi".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut