get app
inews
Aa Read Next : Kontrak Baru Shin Tae-yong Ternyata Belum Diteken, tetap Komitmen Tangani Timnas

Pacquiao Buka Sekolah Tinju di Indonesia. Lokasinya: Bintaro, Senayan, atau BSD City

Senin, 26 September 2022 | 18:34 WIB
header img
Petinju Filipina, Manny Pacquiao. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.Serpong.id — Petinju Indonesia, Fahd Adityo Oscar akan membuka sekolah tinju berkolaboraso dengan petinju Filipina, Manny Pacquiao. Rencanya Desember 2022, lokasi yang akan dipilihnya adalah Bintaro, Senayan atau BSD City.

Kesepakatan kerja sama dituangkan melalui Memorandum of Understanding yang mereka tandatangani di Denpasar Bali, akhir pekan lalu. “Saya ingin memupuk bibit-bibit baru yang terlatih dengan baik. Sekolah tinju ini terbuka bagi siapa pun yang ingin menekuni tinju,” kata Fahd di Jakarta, Senin (26/09/2022). 

Sekolah tinju ini nantinya akan diberi nama Manny Pacquiao Boxing Academy. Nama yang diberikan ini sama dengan sekolah tinju Pacman di Makati, Filipina. Manny Pacquiao Boxing Academy di Jakarta ini nantinya akan terbagi menjadi dua bagian, kelas untuk member dan atlet.

Untuk kelas member, siapa pun bisa ikut latihan dengan membayar sebagai member baik per kedatangan maupun bayar per bulan. Kelas atlet, Academy ini membuka kelas untuk calon atlet. Sifatnya rekrutmen untuk calon atlet dengan rentang usia 11-15 tahun. Pacman akan datang sebulan sekali atau dua bulan sekali untuk melatih. Ini penting untuk memberikan motivasi bagi petinju muda di Indonesia.

Sebenarnya Fahd sudah ingin mendirikan sekolah tinju sejak 2017. Namun dia merasa berat jika melakukan itu sendirian. Hasilnya muncul ide untuk menggandeng Pacquiao.

“Siapa sih yang tidak kenal Pacman. Dia bukan hanya petinju kelas dunia, tetapi punya visi dan misi yang jelas dalam mengembangkan tinju di negaranya Filipina,” kata Fahd.

Filipina salah satu negara di Asia yang memiliki banyak juara dunia. Selain Pacquiao yang kini tidak lagi aktif di atas ring, ada lima petinju juara dunia asal Filipina yang masih aktif bertarung. Mereka adalah Nonito Donaire (bantam WBC), Johnriel Casimero (bantam WBO), Jerwin Ancajas (terbang super IBF), Rene Mark Cuarto (terbang mini IBF), dan Mark Magsayo (bulu WBC). 

Manny memiliki nama besar di ring tinju dunia karena pernah menjadi juara di delapan kelas berbeda. Manny “Pacman” yang kini berusia 43 tahun pensiun dari tinju sejak Agustus 2021 karena menjadi kandidat presiden Filipina.

Manny sudah mendirikan sekolah tinju miliknya di daerah Makati kawasan Metro Manila Filipina. Menurut Manny, olahraga sangat penting untuk suatu negara.

Khusus untuk tinju banyak mengajarkan disiplin seperti bangun pagi, mengatur waktu, mengasah emosi, melatih kesabaran, dan bisa menjauhkan diri dari narkoba. “Dari sini bisa membangun negara yang sangat bagus. Selain sehat fisik, kita sebagai warga negara juga sehat mental,” kata Manny.  (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut