Ada Kandungan Pestisida di Mie Sedaap? Berikut Bantahan dari WingsFood, Sudah Kantongi Sertifikasi B

Inda Iqbal Dwi Purnama
.
Kamis, 29 September 2022 | 10:20 WIB
Bantah Tudingan Pestisida dalam Mie Sedaap, WingsFood: Sudah Sertifikasi BPOM  (Dok.MNC)

JAKARTA,iNewsSerpong.id Wings Group Indonesia buka suara terkait penarikan produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken di pasar Hong Kong.

Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan (CFS) Hong Kong menuding terdapat kandungan pestisida dan etilen oksida. 

Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, Sheila Kansil menjelaskan produk Mie Sedaap yang diproduksi dan diekspor sudah mengikuti apa yang disyaratkan pemerintah sebagai standar keamanan.

Seperti izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

"Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap sebagai bagian dari WINGS Group Indonesia," kata Sheila dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/9/2022).

Sehingga adanya tudingan dari Hong Kong terkait penggunaan etilen oksida (EtO) perlu diteliti lebih jauh, karena di Indonesia sendiri badan pengawas makanan pun sudah berani mengeluarkan sertifikat.

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan Etilen oksida (EtO) dan telah mengantongi persyaratan BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi," kata Sheila.

Sebelumnya Centre for Food Safety (CFS) Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong menarik peredaran produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken dari supermarket Hong Kong. 

CFS telah mengumpulkan sampel produk yang diambil dari supermarket di Lok Fu untuk diuji kandungan produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, kemasan bumbu, dan kemasan bubuk cabai produk mengandung pestisida dan etilen oksida.(*)

 

 

 

 

Editor : A.R Bacho
Bagikan Artikel Ini