Logo Network
Network

Cara Daftar dan Jadwal Seleksi PPPK Guru 2022, dan Persyaratan Lengkap Harus Dipenuhi

Neneng Zubaidah/NET iNewsSerpong
.
Selasa, 04 Oktober 2022 | 07:54 WIB
Cara Daftar dan Jadwal Seleksi PPPK Guru 2022, dan Persyaratan Lengkap Harus Dipenuhi
Persyaratan, cara daftar dan jadwal seleksi PPPK guru 2022. (Foto :  SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemerintah kembali membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Tahapannya berlangsung sejak September hingga akhir tahun.

Seleksi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN P3K) Tahun 2022 menjadi upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pendidik berkualitas.

Guru ASN Terbatas

Seleksi PPPK Guru ini dibuka karena pemerintah mengakui masih ada kekurangan guru ASN di sekolah negeri sebanyak 781 ribu. Pemerintah pusat pun mendorong pemerintah daerah untuk segera mengajukan formasi PPPK Guru secara optimal.

Adapun pelamar Prioritas I yaitu Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang pada masing-masing kategori tersebut telah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Kemudian, pelamar Prioritas II adalah THK-II. Sedangkan pelamar Prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan masa kerja minimal tiga tahun.

Sementara itu, lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar di basis data Kemendikbudristek serta mereka yang terdaftar pada Dapodik masuk dalam kategori pelamar umum.

Dikutip dari Keputusan Mendikbudristek No 349/P/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Seleksi Calon PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah 2022, berikut ini persyaratan pendaftarannya :

Persyaratan

1. WNI

2. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 59 tahun pada saat pendaftaran

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil, PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau pegawai swasta

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis

6. Memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan dengan jenjang paling rendah sarjana (S-1) atau diploma empat (D-1V) sesuai dengan persyaratan

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

8. Surat keterangan berkelakuan baik

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini