get app
inews
Aa Read Next : Usai Jalani Isolasi, Joe Biden Kembali ke Gedung Putih 

Perdana Menteri Ceko Dilantik Dalam Kotak Kaca, Gara-gara Tertular Covid-19

Selasa, 30 November 2021 | 00:11 WIB
header img
Presiden Republik Ceko Milos Zeman melantik Perdana Menteri Petr Fiala dari dalam kotak kaca. (Foto: Reuters)

PRAHA, iNewsSerpong.id - Gara-gara Covid-19, bukan halangan bagi Presiden Republik Ceko Milos Zeman melantik Perdana Menteri baru, Petr Fiala (57). Diketahui Petr Fiala tertular Covid-19 sehingga dilantik dari dalam kotak kaca, Minggu (29/11/2021). Milos melantik Fiala di kediaman dinas dekat Ibu Kota Praha.

Tampak kotak kaca dipasang tepat di depan kamar Zeman sehingga para tamu aman dari potensi paparan virus corona. Beberapa foto menunjukkan Zeman juga menyapa Fiala dari dalam kotak.

Pria 77 tahun itu duduk di kursi roda yang didorong petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Fiala diketahui terpapar Covid-19 sejak 6 pekan terakhir. Kondisinya diperparah karena dia peminum dan perokok kuat serta memiliki riwayat penyakit diabates.

Aturan di Ceko mewajibkan siapa pun yang terpapar Covid-19 harus menjalani karantina selama 14 hari. Sementara itu Fiala merupakan pemimpin blok terdiri dari lima partai oposisi yang memenangkan pemilu pada Oktober lalu. Salah satu kebijakan pemerintahannya mendesak masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah baru harus mengatasi gelombang baru infeksi yang berpotensi mengancam layanan kesehatan, di samping masalah krisis energi setelah runtuhnya perusahaan penyedia terbesar. Kabinet Fiala diperkirakan akan diresmikan pada pertengahan Desember 2021.

"Pemerintah baru menghadapi masa depan sangat sulit dan banyak tantangan. Saya ingin ini menjadi pemerintahan yang membawa perubahan untuk masa depan," ucap Fiala.

Kelompok penentang vaksin dan kebijakan anti-virus turun ke jalan pada hari pelantikan Fiala di Praha. Tingkat vaksinasi di Ceko baru mencapai 58,5 persen dari total penduduk. Angka ini di bawah rata-rata vaksinasi Uni Eropa yang mencapai 65,8 persen. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut