get app
inews
Aa Read Next : Matahari Buatan China tak Lama Lagi Bakal Terwujud

Penjualan Meningkat, Matahari Putra Prima (MPPA) Kantongi Rp 4,9 Triliun

Selasa, 30 November 2021 | 12:26 WIB
header img
Pasar Terus Meningkat, Matahari Putra Prima (MPPA) Raup Total Penjualan Rp4,9 Triliun Foto:ilustrasi

JAKARTA,iNewsSerpong.id -  PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) sukses membukukan penjualan Rp4,9 triliun atau turun 3,6% dikuartal tiga 2021. Meski demikian perseroan berharap di kuartal keempat 2021 penjualan akan meningkat Seiring dengan situasi Covid-19 yang semakin membaik dan pelonggaran PPKM.

Meskipun pembatasan PPKM ketat pada kuartal III-2021 dengan penutupan toko dan mal, pangsa pasar MPPA terus meningkat menjadi 27,6% yang merupakan tertinggi berdasarkan data NielsenIQ. Sementara 9 toko baru (ex-lokasi Giant) akan memimpin jalan untuk meningkatkan pangsa pasar lebih lanjut.

Sementara itu bisnis e-groceries MPPA tumbuh 167% secara tahunan (year-on-year/yoy). Berkontribusi sekitar 11% dari total penjualan pada kuartal III-2021 melampaui target perusahaan sebesar 8% dari total penjualan reguler.

Chief Executive Officer MPPA, Elliot Dickson mengatakan, pelonggaran mobilitas masyarakat, level PPKM dan jam operasional bisnis, penjualan Oktober menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya dan mencapai ke tingkat pra-PPKM di kuartal kedua.

Pada bulan November, MPPA melihat lebih banyak anak-anak sudah diperbolehkan untuk memasuki pusat perbelanjaan/toko dan hanya tersisa 2 toko yang masih tidak diperbolehkan untuk menerima anak-anak untuk memasuki area toko.

"Hal ini membawa momentum peningkatan kinerja penjualan kami di bulan November. Kami berupaya mengubah arah penjualan Perusahaan dan bersiap untuk memasuki kuartal ke-empat dengan meningkatkan jumlah persediaan guna menyambut peluang bisnis pada periode Natal dan Tahun Baru mendatang,” ujar Elliot dalam keterangan resmi di laman keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (30/11/2021).

Adapun ekspansi mitra E-Groceries berlanjut dengan bergabungnya GoMart-nya GOTO di kuartal III 2021 dan bergabungnya HappyFresh di kuartal IV 2021.

Bisnis e-commerce MPPA terus melanjutkan pertumbuhan yang substansial sebesar 167% dan mewakili 11% dari total penjualan reguler di kuartal ketiga – yang merupakan rasio tertinggi sejak MPPA mentransformasi bisnis O2O nya.

Hal ini dapat tercapai sebagai hasil dari MPPA melanjutkan upayanya dalam memperluas kemitraan dengan marketplace terkemuka seperti GoMart di kuartal III serta terus memperluas jangkauan kolaborasinya dengan marketplace online lainnya.

Penjualan MPPA di Oktober 2021 juga kembali menguat sehubungan dengan pelonggaran pembatasan PPKM dengan penjualan reguler meningkat sebesar 27% sementara penjualan Online terus meningkat sebesar 19%.

Ditopang itu semua, MPPA akan melanjutkan rencana Rights Issue di bulan Desember untuk memperkuat permodalannya dimana pemegang saham berkomitmen untuk mendukung rencana bisnis Perseroan.(*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut