Logo Network
Network

Badan Otorita Sebut Investor yang Komitmen Bangun IKN Nusantara

Iqbal Dwi Purnama
.
Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:38 WIB
Badan Otorita Sebut Investor yang Komitmen Bangun IKN Nusantara
Ini Daftar Investor yang Berkomitmen Bangun IKN Nusantara. (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tengah melaksanakan penjajakan pasar atau market sounding untuk pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Otorita Bambang Susantono mengatakan banyak investor yang berminat menanamkan modal di proyek tersebut. Hal itu tercermin dari banyaknya surat pengajuan Investasi yang masuk.

"Jumlah investor yang menyatakan minat untuk berinvestasi di kawasan ini sudah mencapai 25 kali lebih banyak dari kapasitas yang tersedia,” ujar Bambang dalam sambutannya pada penjajakan pasar IKN Nusantara, Selasa (18/10/2022).

Bahkan beberapa tamu undangan yang hadir dalam acara Market Sounding tersebut sudah menyatakan komitmennya langsung di hadapan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya membuka acara tersebut.

Misalnya dari fasilitas kesehatan, PT Mediloka Hermina Tbk (HEAL) berkomitmen untuk melakukan ekspansi ke Ibu Kota baru tersebut dengan rencana membangun rumah sakit, yang akan diawali dengan membangun klinik terlebih dahulu untuk para pekerja konstruksi di IKN Nusantara

"Saya dr. Hasmoro, Direktur Utama PT Mediloka Hermina Tbk berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan rumah sakit Hermina di IKN," kata Hasmoro.

Hasmoro menjelaskan pihaknya akan membangun rumah sakit Hermina di IKN Berkonsep green dan smart hospital, dengan tahap awal 100 tempat tidur, dengan mengutamakan layanan untuk kasus gawat darurat, jantung, stroke, ibu dan anak, serta kasus spesialis lainya.

 

"Kami berkomitmen menyelesaikan rumah sakit ini pada tahun 2024, selama membangun kami membangun klinik Pratama untuk menunjang pekerja IKN," lanjutnya.

Selain itu Ciputra Group juga sudah melayangkan surat minat investasi di IKN Nusantara. Managing Director Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata menyatakan pihaknya siap menggarap lahan seluas 300 hektare hingga 2024 di IKN Nusantara.

"Kami Group Ciputra juga sudah menyampaikan surat minat, dan saya yakin dengan kejelasan dan keyakinan kami atas komitmen pemerintah, kami yakin surat minat ini akan ditindak lanjuti," kata Budiarsa.

Presiden Director IKEA Indonesia, Ingemar Patrik Lindvall pada kesempatan juga menyatakan minatnya untuk melakukan investasi di IKN Nusantara. Pihaknya siap untuk melakukan ekspansi bisnis ke IKN Nusantara.

"Kami ingin terus berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan sosial, lingkungan dan pembangunan ekonomi Indonesia," lanjut Patrik.

Selanjutnya pada penjajakan pasar tersebut komitmen juga datang dari bidang pendidikan. Universitas Multimedia Nusantara siap mengembangkan sayapnya bangun sarana pendidikan di IKN Nusantara.

"Universitas Multimedia Nusantara juga ingin hadir, dengan modal ilmu pengetahuan dan teknologi, kami juga membawa ilmu yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan ekonomi kreatif yaitu multimedia design visual," kata Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Ninok Leksono.

Chairman Truba Group, Boyke Soebroto juga menyampaikannya minat investasinya di IKN Nusantara dengan membangun renewable energy menggunakan teknologi hybrid dan battery storage system.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.