get app
inews
Aa Read Next : Akhir Februari ini, Groundbreaking IKN Tahap 5 Digelar. Proyek Apa Saja?

Bank Mandiri (BMRI) Berencana Terbitkan Green Bonds di 2023

Rabu, 02 November 2022 | 11:43 WIB
header img
Mandiri (BMRI) Kembali Terbitkan Green Bonds di 2023 (Foto: MNC Media)

 

JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana menerbitkan green bonds atau obligasi hijau pada 2023. Hal itu sejalan dengan kegiatan Mandiri Sustainability Forum 2022 hari ini untuk perkembangan Environmental, Social dan Governance (ESG).

 

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, pihaknya kemungkinan besar tidak bisa menerbitkan di tahun ini karena 2022 sisa dua bulan. Sehingga green bonds bakal diterbitkan tahun depan yang sudah sesuai rencana bisnis bank (RBB).

"Tapi di tahun depan sedang disusun rencana bisnis bank tentunya harus sesuai dengan otoritas jasa keuangan dan sudah dalam perencanaan semuanya dan tentu saja penerbitan green bonds salah satu yang berpotensi diterbitkan tahun 2023," ujar Panji dalam Press Conference Mandiri Sustainability Forum 2022, Rabu (2/11/2022).

Menurut Panji, Bank Mandiri akan mendorong perkembangan produk-produk ramah lingkungan tidak hanya green bonds, tetapi sudah ada ESG Repo.

"Itu (Repo ESG) kemungkinan besar instrumen yang akan kami terapkan, tentu saja dengan melihat demand dari pasar untuk menyerap produk ini," jelas Panji.

Adapun total produk ESG yang telah diterbitkan dari sisi liability Bank Mandiri adalah USD800 juta, yaitu green bond USD300 juta dan ESG Repo USD500 juta.

Tahun depan, lanjut Panji, kemungkinan besar bertambah sesuai dengan RBB Bank Mandiri karena sangat berpotensi menerbitkan bond maupun ESG Repo juga kombinasi pembiayaan hijau lainnya.

Hingga kuartal III 2022, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit ke sektor berkelanjutan atau sustainable sector sebesar Rp221,1 triliun, atau 24% dari total kredit perseroan.

Dari nilai tersebut, pembiayaan ke sektor hijau Bank Mandiri telah menembus Rp101 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 11,1% dari total penyaluran kredit Bank Mandiri di kuartal III 2022.(*)

 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut