Logo Network
Network

Apersi Keluhkan, Banyak Aturan Jadi Kendala Bangun Rumah Murah untuk Kalangan Bawah

I. Husni Isnaini
.
Minggu, 13 November 2022 | 07:19 WIB
Apersi Keluhkan, Banyak Aturan Jadi Kendala Bangun Rumah Murah untuk Kalangan Bawah
Pembangunan rumah untuk kalangan bawah masih menghadapi sejumlah kendala. (Foto/Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) temui banyak kendala di lapangan dalam membangun rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) .

Padahal, Apersi berkomitmen bantu pemerintah mewujudkan program sejuta rumah  tahun ini. “Banyak sekali aturan yang membuat pengembang kesulitan membangun rumah subsidi di daerah.

Aturan Sama Rumah Komersial

"Karena aturannya sama dengan membangun rumah komersial atau rumah mewah,” kata Ketua Umum DPP Apersi Junaidi Abdillah, saat acara ulang tahun Apersi ke-24, dikutip Sabtu (12/11/2022).

Kendala lain, termasuk masalah persetujuan bangunan gedung (PBG) di setiap daerah yang berbeda-beda dan belum memiliki aturan jelas. Karena itu pemerintah pusat perlu ada terobosan baru agar sektor rumah MBR ini bisa tercapai.

“Kita juga mengharapkan agar kebijakan kenaikan harga rumah subsidi ini dikeluarkan. Pengembang saat ini bangun rumah subsidi untuk untuk tetap bertahan, karena margin sangat dikit dan belum lagi harga material yang naik karena harga BBM,” jelas Junaidi.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini