get app
inews
Aa Read Next : Kapasitas 30.000 Unit per Tahun, Indonesia Basis Produksi Mobil Listrik GAC Aion di Asia Tenggara

PM Kanada Trudeau Dituduh Bocorkan Hasil Pembicaraan di KTT G20, China Membantah

Jum'at, 18 November 2022 | 07:37 WIB
header img
China membantah Xi Jinping menuduh Justin Trudeau membocorkan hasil pertemuan mereka ke media (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsSerpong.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China menegaskan Presiden Xi Jinping tidak bermaksud mengkritik atau menuduh Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau saat mereka bertemu di sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Diketahui, Xi menegur Trudeau terkait bocornya hasil pembicaraan mereka ke media. 

Juru Bicara Kemlu China Mao Ning mengatakan pemerintahannya mendukung pembicaraan yang jujur ​​selama dilaksanakan atas dasar kesetaraan. Apa yang disampaikan Xi kepada Trudeau dinilainya sebagai hal yang wajar dalam hubungan kedua negara.

"Video yang Anda sebutkan itu memang percakapan singkat yang dilakukan kedua pemimpin selama KTT G20. Ini sangat normal. Saya kira itu tidak bisa diartikan bahwa pemimpin Xi mengkritik atau menuduh siapa pun," kata Mao, dikutip dari Reuters, Kamis (17/11/2022).

Dalam rekaman video yang dirilis stasiun televisi Kanada, Rabu (16/11/2022), seorang penerjemah Xi mengatakan kepada Trudeau, "Semua yang kita diskusikan telah bocor ke surat kabar, itu tidak pantas."

Sementara itu Xi juga terdengar mengatakan, "Itu tidak pantas, dan kami tidak melakukannya dengan cara seperti ini. Jika ada ketulusan, kita dapat berkomunikasi dengan baik dengan saling menghormati. Jika tidak, saya tidak begitu yakin bagaimana hasilnya nanti."

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut