get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong : Garuda Muda Punya 1 Keuntungan Ketimbang Uzbekistan  

Tiga Masjid Termegah di Qatar, Nomor 1 Mampu Tampung 30.000 Jemaah

Kamis, 24 November 2022 | 05:43 WIB
header img
Qatar Punya 2 Ribu Masjid, Ini Tiga Termegah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Negara Petro Dollar Qatar di Timur Tengah menjadi negara Islam pertama menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Meski kaya dengan ladang minyak dan gas, negara ini memiliki populasi yang cukup kecil yakni hanya 2,8 juta penduduk.

Islam pun menjadi agama mayoritas sekaligus agama resmi di Qatar. Sementara agama lainnya merupakan agama-agama yang dianut oleh para imigran luar negeri

Melansir Okezone, Rabu (23/11/2022), mayoritas penduduk Qatar menganut manhaj Salafi dari Sunni. Karenanya, Qatar menjadi satu dari dua negara Salafi di dunia Muslim bersama Arab Saudi.

Pada 28 Mei 2017, terdapat total 2.000 masjid yang berada di negara tersebut. Berikut tiga masjid termegah yang dapat dikunjungi penonton selama Piala Dunia 2022;

1. Masjid Imam Abdul Wahhab

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Qatar atau dikenal juga dengan Masjid Agung Qatar. Diresmikan pada 2011 silam, Masjid Imam Abdul Wahhab dapat menampung hingga 30.000 jamaah. Masjid memiliki ciri khas arsitektur Islam yang memukau, dengan pemandangan cakrawala Doha.

Masjid ini terdiri dari total 93 kubah, beberapa di antaranya berada di atas ceruk shalat atau ruang salat. Masjid ini dibuka untuk umum termasuk untuk non-muslim yang ingin mengetahui sisi masjid secara dalam.

2. Masjid Fanar (ICC)

Masjid Fanar merupakan pusat kegiatan Islam di Doha, Qatar. Dalam bahasa Arab, fanar berarti 'mercusuar.  Masjid ini diibaratkan seperti mercusuar yang berfungsi menuntun orang-orang agar dapat mengenal Islam. Masjid Fanar dilengkapi dengan museum dan perpustakaan.

3. Masjid Katara

Masjid ini memiliki arsitektur yang indah mulai dari desain, warna, dan ornamen yang menghiasinya. Bagian atap masjid ini tidak berkubah seperti masjid-masjid pada umumnya.

Di dekat bangunan utama, terdapat menara Masjid Katara dengan ketinggian 210 meter. Masjid Katara terbuka untuk dikunjungi, baik muslim maupun non-muslim, asalkan berpakaian sopan.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut