get app
inews
Aa Read Next : Rencana Merger AP I dan II, Erick Thohir Jamin tak ada PHK

5 Perusahaan dengan PHK Terbesar dalam Sejarah, Adakah di Indonesia?

Jum'at, 25 November 2022 | 13:30 WIB
header img
PHK di startup diprediksi masih berlanjut 1-2 tahun ke depan . (Foto: Dok/Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi akhir-akhir ini, telah menimbulkan keresahan karena dialami oleh bebapa perusahaan besar di dunia. 

Tercatat ada 5 perusahaan dengan PHK terbesar dalam sejarah, tepatnya selama dua dekade terakhir (2002-2022) yang menjadi sorotan. Hal itu terkait dengan jumlah karyawan yang mengalami PHK, juga nama besar perusahaan dengan brand terkenal.

Seiring dengan ancaman resesi pada 2023, gelombang PHK diperkirakan akan terjadi secara masif. Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi PHK, mulai dari perubahan core atau fokus bisnis, akuisisi, hingga akibat terdampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak 2020. 

Tak hanya terjadi pada perusahaan besar dunia yang berbasis di Amerika Serikat, gelombang PHK pun pernah terjadi di Indonesia dalam skala besar. 

Berikut 5 perusahaan dengan PHK terbesar dalam sejarah yang dirangkum idxchannel.com, Rabu (23/11/2022):

1. Ford

Ford memangkas 35.000 karyawan pada 2002. Pemangkasan 35.000 karyawan tersebut terdiri 21.500 karyawan yang berada di Amerika Utara serta sisanya di Eropa. 

Selain melakukan PHK, Ford juga menutup lima pabrik serta menghilangkan empat model mobil yang terkenal, seperti Lincoln Continental, Ford Escort, Mercury Villager serta Mercury Cougar, guna mendapatkan kembali kesehatan keuangannya. 

CEO William Clay Ford Jr mengatakan ia tidak akan menerima gaji atau bonus tahunan selain opsi saham. Ford Jr mengatakan, 

“Kami menyadari bahwa beberapa hal yang harus dilakukan terasa menyakitkan.” Pengumuman tersebut adalah pembalikkan besar dalam kekayaan Ford. 

Pada 2000, Ford melaporkan keuntungan USD6,67 miliar. Namun ketika ekonomi Amerika Serikat mulai berkontraksi dengan cepat pada 2001, Ford mulai bergabung dengan perusahaan lain serta melakukan pengurangan besar-besar terhadap karyawannya.

2. General Motors

General Motors memberhentikan 14.000 karyawannya di Amerika Serikat pada 2018. Hal ini karena perusahaan mengalihkan fokus penjualan dari mobil penumpang ke SUV, kendaraan listrik, hingga self driving. 

Atas PHK massal tersebut, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pun menyatakan kekecewaannya. Trump mengatakan, Amerika Serikat sudah melakukan banyak hal untuk General Motors. 

Pengurangan karyawan General Motors ini berasal dari tenaga kerja yang digaji per jam. Tak hanya melakukan PHK, General Motors juga menutup tiga pabrik perakitan di Amerika Utara serta dua fasilitas lainnya. 

General Motors menyatakan bahwa reorganisasi yang diterapkan diperkirakan dapat menghemat USD6 miliar per tahun pada akhir 2020.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut