get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Bisa Segera Lepas dari Pandemi Covid-19

Covid-19 Varian Omicron Lebih Menular,  Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:11 WIB
header img
Covid-19 varian Omicron. (Foto : Ilustrasi/Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Covid-19 varian Omicron memang lebih cepat menular tapi tidak lebih berbahaya ketimbang varian Delta yang menyerang seluruh dunia. Hal itu diungkapkan Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr Muhamad Fajri Adda'i dalam wawancara eksklusif dengan iNews beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan ada beberapa parameter berbahaya dari suatu varian baru. Di antaranya, Apakah lebih cepat menular?, apakah gejalanya lebih berat?, dan apakah menghindari sistem imun tubuh? "Nah pertanyaannya kenapa bisa lebih cepat menular?

Secara mekanistik memang belum banyak yang meneliti atau belum banyak publikasinya. Namun, yang kita tahu kenapa ini mengkhawatirkan, ada 50 titik perubahan bahasa genetik dari virus ini," tuturnya.

Dia menambahkan sebanyak 30 titik mutasi di antaranya yaitu perubahan yang memengaruhi protein spike atau protein tanduk. Sementara 15 di antaranya yang mengkode reseptor binding domain. 

"Intinya Omicron mungkin lebih efisien dalam menularkan. Karena proyeksi awal Omicron lebih cepat 500 % dibandingkan dengan varian Wuhan yang sebelumnya," katanya. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut