get app
inews
Aa Read Next : Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) Bagi Dividen Rp251,78 Miliar, Simak Jadwalnya

Tekan Emisi Karbon (Dekarbonasi),Semen Indonesia (SMGR) Kucurkan Dana Rights Issue Rp2,7 Triliun

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:25 WIB
header img
Semen Indonesia (SMGR) Gelontorkan Dana Rights Issue Rp2,7 Triliun untuk Dekarbonisasi (FOTO: MNC Media)

 

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan menurunkan emisi karbon (dekarbonasi) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) akan menggunakan dana sebesar Rp2,7 trilun.Sumber daya yang digunakan berasal dari penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Seperti diketahui, perseroan akan menawarkan sebanyak 846,21 juta saham baru Seri B dengan harga pelaksanaan Rp6.600 per saham. Dalam aksi korporasi ini, pemerintah yang memiliki 3,02 miliar saham Seri B, akan melaksanakan seluruh haknya sesuai dengan porsi kepemilikan sahamnya dalam perseroan dengan cara inbreng, di mana pelaksanaannya adalah sebagaimana ditetapkan melalui PP No. 33/2022.

Pemerintah akan menyetorkan modal dalam bentuk kepemilikan 75,51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor pada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) atau sejumlah 7,49 miliar saham Seri B (inbreng saham SMBR), dengan nilai seluruhnya sebesar Rp2,84 triliun.

Sementara itu, publik yang memiliki saham perseroan akan melaksanakan rights issue dalam bentuk tunai. Dana yang akan diperoleh perseroan dari rights issue oleh publik yakni sebesar Rp2,7 triliun.

 “Dana tersebut akan digunakan untuk berfokus pada dekarbonisasi, kami memiliki inisiatif untuk mengganti penggunaan energi batu bara,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian dalam Media Sharing SIG di  Semarang, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, guna mendukung kinerja perseroan, dana hasil rights issue akan digunakan untuk penambahan fasilitas untuk peningkatan pemanfaatan bahan bakar dan bahan baku alternatif, pembangunan fasilitas penyiapan untuk pemanfaatan limbah menjadi bahan bakar alternatif ramah lingkungan, serta pengembangan bisnis.

 “Rights issue ini bukan hanya untuk integrasi Semen Baturaja, tetapi juga memberikan pengaruh yang besar bagi Semen Indonesia ke depannya,” ujar Andriano.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa integrasi antara SIG dan Semen Baturaja ini akan semakin memantapkan langkah SIG sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan di regional, seiring dengan meningkatnya pangsa pasar, bertambahnya portofolio produk, serta jaringan distribusi yang semakin luas.(*) 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut