get app
inews
Aa Read Next : Kamboja Mulai Vaksinasi Anak Usia 3-5 Tahun, Indonesia Kapan?

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Tangerang Digelar di 5 Sekolah

Selasa, 14 Desember 2021 | 15:14 WIB
header img
Salah seorang anak divaksinasi di Kota Tangerang. (Foto: tangerangkota.go.id)

TANGERANG, iNews.Serpong.id -- Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 umur 6-11 tahun di lima sekolah, Selasa (14/12/2021).  Kali ini target vaksinasi 1.430 anak dari 186.349 anak target sasaran di Kota Tangerang.

Capaian vaksin terkini sudah 1.392.127 jiwa atau 94,1 persen pada dosis satu dan 1.055.970 jiwa atau 71,4 persen pada dosis dua. Kategori lanjut usia (lansia) sudah 87.323 jiwa atau 83,3 persen pada dosis satu.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraeni mengungkapkan, hari pertama ada 1.430 anak yang jadi sasaran dari lima sekolah. Selanjutnya, pelaksanaan vaksin akan berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya secara bertahap. "Kami akan berkolaborasi secara matang dengan Dinas Pendidikan untuk mempercepat pelaksanaan vaksin 6-11 tahun. Terlebih, kebijakan terbaru interval waktu vaksinasi diperbolehkan hanya 14 hari. Dengan itu, pelaksanaan akan lebih cepat," ujar dr Dini, usai mantau vaksinasi di MIN 1 Kota Tangerang.

Ia menjelaskan, berdasarkan kasus Covid-19 kategori anak di Kota Tangerang, memang tergolong kecil namun harus dibentengi dengan pemberian vaksinasi. Tercatat, sepanjang pandemi melanda Kota Tangerang, ada 2.049 kasus anak kurang dari 18 tahun terpapar Covid-19, sebanyak 1.038 anak di antaranya kategori umur 6-11 tahun. "Secara persentase kasus terpapar Covid-19 umur 6-11 tahun di Kota Tangeramg di angka 3,4 persen. Angka ini bisa dibilang kecil, namun harus diwaspadai, bukan berarti aman dan tidak bisa mematikan. Maka, ayo ikuti anak-anaknya untuk vaksinasi covid-19," dia menuturkan.

Sementara itu, dr Arifin Kurniawan Kashmir, dari Pokja KIPI Kota Tangerang yang ikut memantau langsung pelaksanaan vaksinasi meyakinkan bahwa vaksin jenis Sinovac aman digunakan anak-anak. Dengan itu, orang tua tak perlu takut atau ragu.

 Dikutip dari laman tangerangkota.go.id, dia berujar, ”Indonesia merupakan negara lanjutan, beberapa negara sudah lebih dulu menyuntikan vaksin Sinovac ke anak-anak umur belia. Tercatat tidak ada kasus berbahaya, semua aman dan sudah lulus uji penilitian yang panjang.”

Salah seorang siswa MIN 1 Kota Tangerang, Abdi mengaku tidak takut divaksin. "Tidak sakit, aku udah sarapan donat. Ayo, teman-teman yang belum vaksin, vaksin ya, tidak sakit," ajak Abdi.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut