Logo Network
Network

Marah ke AS, Kim Jong Un Perintahkan Militer Korut Bikin Rudal Baru dan Perbanyak Nuklir

Anton Suhartono
.
Minggu, 01 Januari 2023 | 18:17 WIB
Marah ke AS, Kim Jong Un Perintahkan Militer Korut Bikin Rudal Baru dan Perbanyak Nuklir
Kim Jong Un perintahkan militer Korut membuat rudal ICBM yang baru serta memperbanyak senjata nuklir taktis untuk menghadapi ancaman AS dan Korsel (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNewsSerpong.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyampaikan pesan mengejutkan yang dirilis pada Tahun Baru 2023. Dia memerintahkan jajaran militer untuk memperkuat persenjataan terkait ancaman Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel). 

Kim memerintahkan pengembangan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang baru serta produksi besar-besaran senjata nuklir taktis.

"Dia mempresentasikan tugas untuk mengembangkan sistem rudal balistik antarbenua serta kemampuan serangan balik nuklir yang cepat sebagai misi dasarnya," demikian laporan kantor berita KCNA, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (1/1/2023).

Pesan itu disampaikan saat menggelar pertemuan partai berkuasa di Korut, Partai Pekerja. Menurut Kim, Korut harus meningkatkan persenjataan nuklir taktis serta mewujudkan kekuatan militer luar biasa untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan negara.

Dia juga menuduh AS dan Korsel bersekongkol untuk mengisolasi dan melumpuhkan Korut dengan menyebutnya sebagai tindakan tak tertandingi dalam sejarah manusia.

Pernyataan Kim itu dirilis beberapa jam setelah Korut menembakkan satu rudal balistik jarak pendek dari lepas pantai timur pada Minggu dini hari. 

Rudal diluncurkan dari Ryongsong, Pyongyang, pada pukul 02.50 waktu setempat dan mencapai jarak 400 km, demikian isi laporan Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel.

Hal senada disampaikan Penjaga Pantai Jepang yang menyatakan rudal melesat hingga ketinggian sekitar 100 km dan mencapai sasaran berjarak 350 km. Posisi rudal mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

(*)
Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini