get app
inews
Aa Read Next : Surat Al-Kafirun Memiliki Asbabun Nuzul yang Menarik untuk Diketahui

Membaca Surat Al Kafirun Sebelum Tidur Bisa Membebaskan dari Kemusyrikan

Senin, 09 Januari 2023 | 08:49 WIB
header img
Surat Al Kafirun. Foto istimewa

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Surat Al Kafirun memiliki banyak keutamaan, di antaranya memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan. Hal itu disampaikan oleh Nabi Muhammad shallaallahu alaihi wa sallam yang tertuang dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Surat yang dimulai dengan ayat yang berbunyi “Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun”, ini merupakan surat ke 109 dalam Al-Qur’an yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).

Imam Qurthubi memberikan beberapa keutamaan mengenai surat Al Kafirun ini untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa keutamaannya surat ini adalah adalah sebagai berikut :

1. Dibaca menjelang tidur dapat membebaskan kemusyrikan.

Hal ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Farwah bin Naufal: dari ayahnya bahwa Nabi Saw bersabda: " Bacalah Qul ya ayyuhal kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan”.

2. Sebagai ajakan toleransi

Dalam sejarah turunnya surat Al-Kafirun ini, maka surat ini sangat dikenal sebagai surat toleransi bagi umat Islam untuk menghormati penganut atau faham agama lain dan bersesuaian dengan makna satu ayat dalam surat al hujarat bahwa Allah memang menjadikan orang itu berbeda-beda, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling kenal mengenal untuk saling memahami, menghormati dan bukan saling memerangi.

Menurut Imam Qurthubi, sikap menghormati agama dan kepercayaan lain bukan berarti lemah atau diri menjadi larut mengiyakan kebenaran mereka, namun akan sebaliknya hal itu akan memperteguh keimanan dan membebaskan diri dari kemusyrikan dan kemunafikan sesuai dengan salah satu keutamaan surat al Kafirun dibawah ini :

Bila dibaca dengan Qul huwallahu Ahad akan memperteguh keimanan dan membebaskan kemunafikan : Hal ini disampaikan oleh Al Asymu’i berkata : Dikatakan Qul ya Ayyuhal kafirun dan Qulhuwallahu Ahad, keduanya membebaskan dari kemunafikan

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut