get app
inews
Aa Read Next : Tim Voli Jakarta BIN Melaju Ke Final Usai Kalahkan Pertamina Fastron

Kepala BIN Ingatkan Winter is Coming di 2023, Pengamat Keamanan Sebut Jadi Peringatan Semua Pihak

Jum'at, 20 Januari 2023 | 16:39 WIB
header img
Pemerhati Politik dan Keamanan Publik Rommy Edward Pryambada-Borneo Ekadanta Mandiri. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengingatkan para kepala daerah bahwa pada 2023 sebagai tahun yang gelap dan penuh ketidakpastian.

Pada adalah tahun yang dihantui oleh ancaman resesi dan inflasi. Yang dampaknya akan berpengaruh sampai ke daerah hingga pelosok-pelosok desa. “istilah Intelijen disebut, Winter is Coming,” ujar kepala BIN Budi Gunawan dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC) pada Selasa (17/1/2023) lalu.

Oleh karenanya, Budi Gunawan mengajak kepala daerah dan Forkopimda untuk melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi resesi dan inflasi.

Kepala BIN Budi Gunawan. Foto: Dok

 

Lantas apa tanggapan publik atas analisa Kepala BIN Budi Gunawan tersebut?  

Pemerhati Politik dan Keamanan Publik Rommy Edward Pryambada-Borneo Ekadanta Mandiri mengatakan, apa yang disampaikan Kepala BIN Budi Gunawan termasuk para ahli lainnya kemungkinan akan terjadinya resesi serta inflasi menjadi early warning bagi semua pihak, buka saja kepala daerah.

"Perang Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan termasuk tensi tinggi antara Tiongkok dan Taiwan sedikit banyak akan memberikan efek domino terhadap Indonesia seperti yang disampaikan oleh Kepala BIN," paparna dalam pesan yang dikirim Jumat 20 Januari 2023. 

Rommy juga mengingatkan masyarakat untuk  lebih waspada terhadap kemungkinan tindakan-tindakan anarkis yang berlatar belakang ekonomi dan politik. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut