get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Melaju ke Seminal, Kalahkan Malaysia 4-1

Minggu, 19 Desember 2021 | 22:03 WIB
header img
Witan Sulaeman saat bermain pada laga Indonesia vs Malaysia, Minggu (19/12/2021) malam. (Foto AFF)

SINGAPURA, iNews.Serpong.id - Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Malaysia 4-1 di Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Kemenangan ini sekaligus menempatkan Skuad Garuda juara Grup B, unggul jumlah gol dari Vietnam.

Di babak berikutnya, anak-anak asuhan pelatih Shin Tae-young akan menghadapi SIngapura yang menempati runner up Grup A. Vietnam runner up Grup B akan menghadapi Thailand, juara Grup A. Leg pertama digelar, Rabu (22/12/2021) malam WIB, kedua Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

Asnawi Mangkualam dan kolega akan menghadapi Singapura selaku runner-up Grup A di semifinal nanti. Leg pertama digelar Rabu (22/12/2021) malam WIB dan yang kedua, Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

Saat menghadapi Malaysia, Indonesia langsung mengencam kala laga berjalan dua menit. Pratama Arhan dengan skill individunya merangsek ke area pertahanan lawan. Sang defender kemudian melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayangnya, tendangan Pratama Arhan hanya melebar di sisi kanan gawang Malaysia.

Kedua tim memperagakan permainan terbuka. Malaysia yang wajib menang berusaha keluar menyerang. Usaha Harimau Malaya mencetak gol berbuah manis pada menit ke-13.

Berawal dari kesalahan Irfan Jaya saat menyapu bola. Si kulit bundar jatuh ke kaki Kogileswaran Raj yang langsung melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Tendangan pemain bernomor punggung 15 itu mengarah ke sudut kanan gawang dan tak mampu dihalau kiper Indonesia, Nadeo Argawinata.

Tertinggal satu gol membuat Indonesia menaikkan intensitas serangan. Witan Sulaeman memiliki kesempatan pada menit ke-23. Witan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, tendangan penggawa Lechia Gdansk itu masih terlalu lemah dan masih mudah diamankan kiper Malaysia, Fahmi Che Mat.

Indonesia terus berusaha menyamakan kedudukan. Usaha skuat Garuda akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-36. Irfan Jaya berhasil menuntaskan kesalahannya dengan sebuah gol usai meneruskan umpan Witan Sulaeman.

Ramai Rumakiek nyaris menggandakan keunggulan Indonesia tak lama kemudian. Sayang sepakannya masih melambung. Pasukan Shin Tae-yong menambah gol pada menit ke-43. Tendangan Pratama Arhan diblok pertahanan Malaysia. Bola liar disambar Irfan Jaya yang sukses kembali merobek gawang Fahmi Che Mat. Itu gol terakhir di paruh pertama.

Di awal babak kedua Shin Tae-yong memainkan Elkan Baggot menggantikan Ramai Rumakiek. Indonesia berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-50. Pemain kesayangan Shin Tae-yong ini menendang bola dari luar kotak penalti menggunakan kaki kiri. Si kulit bundar hasil tendangannya memaksa Fahmi Che Mat kembali memungut bola dari gawangnya.

Irfan Jaya nyaris membuat gol tambahan pada menit ke-54 setelah mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti Malaysia. Tapi tendangannya melenceng dari gawang.  Indonesia bermain dengan percaya diri. Skuat Garuda bertubi-tubi melancarkan serangan. 

Di sisi lain pemain Malaysia sudah terlihat frustrasi dan memainkan umpan-umpan panjang. Indonesia akhirnya bisa menambah keunggulan lewat tandukan Elkan Baggott pada menit ke-82 sekaligus menutup pesta gol Garuda.

Susunan Pemain

Indonesia

Nadeo Arga Winata; Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam Bahar; Rachmat Irianto (Evan Dimas 74), Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek (Elkan Baggott 46), Irfan Jaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian (Kushedya Hari Yudo 64). Pelatih: Shin Tae-yong

Malaysia

Khairul Fahmi Che Mat; Rizal Ghazali, Dion Cools, Syahmi Safari, Putera Nadher Amarhan; Baddrol Bakhtiar, Safawi Rasid, Arif Aiman, Koglleswaran Raj, Syafiq Ahmad, Fisal Halim. Pelatih: Tan Cheng Hoe

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut