get app
inews
Aa Read Next : OJK Sebut Investor Asing Kembali ke Pasar Keuangan Negara Berkembang

Calon Investor, Kenali 4 Investasi Jangka Panjang Agar Tidak Salah Berinvestasi

Minggu, 22 Januari 2023 | 05:30 WIB
header img
Kenali Produk-produk Investasi Jangka Panjang (dok MNC media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Derasnya informasi di media sosial memudahkan seseorang untuk memilih produk dalam investasi. Namun pengetahuan yang cukup menjadi dasar dalam menentukan sisi positif dan negatif suatu produk investasi.

Beberapa jenis investasi jangka panjang dapat Anda pilih untuk menambah kekayaan dalam tempo yang lama. Keuntungan investasi jangka panjang baru dapat dirasakan ketika dana sudah di simpan selama bertahun-tahun.

Investasi jangka panjang merupakan produk investasi untuk menyimpan modal atau harta dalam jangka waktu yang panjang agar nilai modal atau harta dapat bertambah. Hal ini berbeda dengan investasi jangka pendek yang memiliki waktu yang relatif cepat.

Untuk menjadi investor jangka panjang, Anda juga perlu mengetahui resiko yang akan dihadapi seperti waktu yang lama dalam menerima keuntungan. Selain, itu ketersediaan modal yang cukup harus tersedia dalam jangka waktu yang ditetapkan.

Nah, apa saja jenis investasi jangka panjang yang dapat Anda miliki? Tim IDXChannel sudah merangkumnya dalam ulasan di bawah ini. Simak sampai akhir agar wawasan Anda tentang investasi jangka panjang dapat bertambah.
Kenali 4 Investasi Jangka Panjang
Daftar 4 Jenis Investasi Jangka Panjang

Jenis investasi macam apa yang dapat meningkatkan kekayaan? Berikut beberapa jenis investasi jangka panjang yang dapat Anda pilih

1. Reksa Dana
Reksa dana menjadi salah satu investasi jangka panjang yang menjanjikan. Investasi ini merupakan surat berharga yang menjadi bukti aset investasi. Keuntungan reksa dana adalah memaksimalkan efek bunga yang dihasilkan dari dana tambahan harta Anda.

Investasi reksa dana relatif mudah karena memiliki manajer yang siap mengelola aset dan modal Anda untuk ditempatkan pada tempat yang tepat dengan instrumen investasi. Reksa dana sangat tepat untuk Anda yang tidak memiliki pengalaman dalam bidang investasi atau pemula.

2. Saham
Saham merupakan surat berharga sebagai bukti kepemilikan aset atau modal pada perseroan terbatas atau sebuah perusahaan. Keuntungan saham didapatkan dari dividen, sedang investor memiliki peluan profit dengan jual beli saham di pasar saham.

Saat ini, saham tidak hanya dapat dilakukan oleh investor yang memiliki dana besar, melainkan sudah tersedia instrumen untuk sarana masyarakat dari berbagai kalangan.

3. Obligasi
Jenis investasi jangka panjang selanjutnya adalah obligasi atau surat utang yang didapatkan dari perusahaan kepada pemberi pinjaman. Dalam obligasi tertera nama Anda dan tempo pinjaman serat besaran bunganya.

Obligasi dapat menguntungkan kedua belah pihak. Perusahaan yang dapat pinjaman dapat mendapatkan dana untuk mengembangkan usahanya. Sedangkan peminjam dapat memiliki investasi untuk masa mendatang ditambah bunga pinjaman.

4. Emas
Emas menjadi instrumen investasi yang digunakan sejak dulu hingga saat ini. investasi emas dapat menjadi profit dengan jangka panjang. Harga emas selalu stabil dan meningkat setiap tahunnya disebabkan oleh inflasi.

Itulah 4 jenis investasi jangka panjang yang dapat Anda miliki untuk menambah profit di masa depan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan tentang investasi Anda.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut