Logo Network
Network

Menggosok Gigi saat Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa?

Vitrianda Hilba Siregar
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 18:02 WIB
Menggosok Gigi saat Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa?
Menggosok gigi saat puasa Ramadhan atau puasa sunah lainnya, apakah dapat membatalkan puasa. Foto: Ist

SERPONG, iNewsSerpong.id - Menggosok gigi saat menjalani puasa Ramadhan atau puasa sunah lainnya, apakah dapat membatalkan puasa atau mengurangi nilai pahala? 

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah ketika ditanya apa hukum menggunakan pasta gigi saat berpuasa, jawaban beliau, “Membersihkan gigi saat dengan pasta gigi tidak membatalkan puasa sebagai siwak. Hal ini selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk dalam rongga perut. Jika tidak sengaja ada sesuatu yang masuk di dalam, maka tidak batal.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15: 260. Dinukil dari Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 108014).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Jika seseorang bersiwak dengan siwak yang basah lantas cairan dari siwak tadi terpisah lalu tertelan, atau ada serpihan dari siwak yang ikut tertelan, puasanya batal. Hal ini tidak ada perbedaan di antara para ulama (Syafi’iyah, pen.). Al-Faurani dan yang lainnya menegaskan seperti itu.” (Al-Majmu’, 6: 222)

Namun Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengingatkan saran dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu ‘Utsaimin, 17: 261-262). Fatwa Syaikh Ibnu ‘Utsaimin secara lebih lengkap dapat dilihat di: Menggunakan Pasta Gigi Saat Puasa.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal memberi saran menggosok gigi dapat dilakukan sebelum datang azan Sholat Subuh atau setelah berbuka puasa. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini