get app
inews
Aa Read Next : 5 Artis Indonesia Ini Lulusan Amerika, Salah Satunya Harvard University

Susan Wojcicki Mantan CEO YouTube, Kenal Bisnis dari Kecil hingga Jadi Orang Paling Berpengaruh

Senin, 20 Februari 2023 | 10:08 WIB
header img
CEO YouTube, Susan Wojcicki mengundurkan diri. (Foto : Ist)

CALIFORNIA - CEO YouTube, Susan Wojcicki mengundurkan diri dari pekan lalu, Kamis (16/2/2023). Wojcicki mengaku akan fokus pada keluarga, kesehatan, dan urusan pribadi.

Susan Wojcicki pecahkan rekor sebagai salah seorang karyawan pertama Google menyampaikan pengunduran dirinya setelah 25 tahun bekerja di raksasa teknologi itu.

Meski mengundurkan diri, Wojcicki masih akan bekerja dengan tim YouTube, melatih anggota, dan rapat dengan pembuat konten. Dia akan menjadi penasihat di Google dan Alphabet.

Fokus pada Keluarga

"Setelah hampir 25 tahun di sini, saya telah memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai kepala YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi yang saya sukai," katanya dalam sebuah postingan blog, dikutip dari CNBC International.

Susan Wojcicki adalah salah satu CEO perempuan paling berprestasi di dunia. Dia yang telah menjadi CEO YouTube sejak 2014 itu berhasil membuat perusahaan tersebut menjadi platform streaming video terbesar di bawah kepemimpinannya. 

Perjalanannya untuk menjadi ikon bisnis yang sangat dihormati sangat mengesankan karena menginspirasi banyak perempuan di dunia yang ingin mencapai hal-hal hebat di bidang apa pun, tidak hanya dalam bisnis.

Mengutip Success Story, pemilik nama lengkap Susan Diane Wojcicki ini lahir di Santa Clara, California, Amerika Serikat pada 5 Juli 1968. Ayahnya adalah profesor fisika di Universitas Stanford bernama Stanley, dan ibunya Esther adalah pendidik terkenal.

Wojcicki sebagian besar menghabiskan masa kecilnya di Palo Alto, California. Dia menempuh pendidikan menengah di Gunn High School. Pada usia 11 tahun, Wojcicki menunjukkan jiwa bisnisnya yang kuat.

Dia berdagang kecil-kecilan seperti anyaman benang dengan keliling lingkungan tempat tinggalnya. Dia juga tertarik pada jurnalisme karena aktif di koran sekolahnya. 


Mantan CEO YouTube, Susan Wojcicki mengenal bisnis dari usia dini. (Foto : Ist)

Setelah lulus dari Gunn High School, Wojcicki pindah ke Massachusetts dan kuliah di Harvard University. Dia meraih gelar sarjana sejarah dan pendidikan di Harvard dan lulus dengan pujian pada 1990. 

Namun dia menyadari lebih tertarik pada teknologi, sehingga kembali ke California untuk mengambil dua program Master secara berurutan. Pada 1993, dia memperoleh gelar Master of Science di bidang ekonomi dari University of California, dan lima tahun kemudian memperoleh gelar Master of Business Administration dari UCLA Anderson School of Management. 

Wojcicki memulai karier profesionalnya di Intel dan bekerja di bagian pemasaran. Dia juga seorang konsultan di perusahaan konsultan manajemen Bain & Company serta R.B. Webber & Company.

Saat di Intel, dia diperkenalkan oleh seorang teman ke salah satu pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page.  Kedua pendiri Google itu kemudian menyewa garasi Wojcicki dan mulai mengembangkan kode pertama Google di sana.

Saat operasi Google mulai berkembang, Brin dan Page menyewa seluruh lantai pertama rumah Wojcicki.  Meskipun penyewa menempati lebih banyak ruang, Wojcicki benar-benar menyambut kehadiran mereka dengan pembayaran sewa reguler yang terbukti sangat membantu perjuangan keuangannya saat itu.

Pada 1999, Google secara resmi diluncurkan dan Wojcicki adalah salah satu dari 16 karyawan pertama yang direkrut. Bahkan, dia menjadi manajer pemasaran pertama perusahaan. 

Wojcicki bertanggung jawab untuk mengembangkan salah satu platform pemasaran awal Google, yakni Google Doodles. Dia juga bagian dari tim yang mengembangkan Gambar Google dan Buku Google.

Beberapa tahun kemudian, dia memimpin pengembangan salah satu layanan terpopuler Google, AdSense.  Google AdSense saat ini merupakan jaringan tampilan iklan terbesar di dunia. Dengan keberhasilannya bekerja di AdSense, Wojcicki diangkat menjadi wakil presiden senior Google untuk periklanan dan perdagangan.

AdWords dan Google Analytics kemudian akan dikembangkan di bawah pengawasannya. Saat ekspansi awal Google, salah satu startup yang jadi pesaing utama dengan Google Video adalah YouTube.

PISAH

YouTube yang didirikan oleh Steven Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada 2006, telah menjadi salah satu situs dengan pertumbuhan tercepat saat itu dengan 20 juta pengunjung setiap bulan. 

 Hal ini menarik perhatian para eksekutif Google, khususnya Wojcicki. Dia kemudian mengusulkan Google mengakuisisi YouTube. Setelah berbulan-bulan bernegosiasi dan bersaing melakukan penawaran dengan Microsoft, Yahoo, dan Viacom, Google berhasil mengakuisisi YouTube senilai 1,65 miliar dolar AS. 

Setelah akuisisi, Wojcicki ditunjuk sebagai CEO YouTube yang baru. Dia juga dinobatkan sebagai orang paling penting dalam periklanan serta salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di Time pada 2015. 

Pada saat akuisisi selesai, aplikasi YouTube telah mencatat 20 juta pengguna per bulan dan 100 juta tayangan video per hari. YouTube sekarang memiliki lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif bulanan dan lebih dari 500 jam konten diunggah ke platform setiap menitnya.

Wojcicki juga mengawasi peluncuran layanan berlangganan gratis YouTube, YouTube Premium, dan layanan televisi internet YouTube TV. Dia mengaitkan kesuksesan YouTube dengan pembuat konten platform yang tak terhitung jumlahnya.

Dia mengatakan bahwa mereka adalah bisnis media generasi berikutnya, dengan jutaan penayangan (termasuk live streaming) dan merek global, yang berkontribusi pada ekonomi lokal dan global, serta menciptakan lapangan kerja.

Sejak dipimpin Wojcicki, YouTube terus mendominasi industri streaming video, dan membuatnya menjadi sorotan. Dia dikenal sebagai sosok yang cerdas, bersemangat, dan teguh.

Dengan pengunduran dirinya, kini YouTube dipimpin oleh Neal Mohan. Neal sebelumnya menjabat wakil presiden senior iklan bergambar dan video di Google. (*)


Ditangan Susan Wojcicki bisnis YouTube metoket. (Foto : Ist)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Eks CEO YouTube Susan Wojcicki, Bisnis dari Kecil hingga Jadi Orang Paling Berpengaruh ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-eks-ceo-youtube-susan-wojckiki-bisnis-dari-kecil-hingga-jadi-orang-paling-berpengaruh/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut