get app
inews
Aa Read Next : 20 Ton Sampah dari Serpong, Polisi Tindak TPS Ilegal di Bantaran Sungai Cisadane

Kemulian Nabi Muhammad SAW, Berkhidmat Membantu Pekerjaan Istri di Rumah

Senin, 20 Februari 2023 | 11:06 WIB
header img
Nabi Muhammad Shallallahu 'alahi Wa Sallam. Foto: Dok

SERPONG, iNewsSerpong.id - Nabi Muhammad Shallallahu 'alahi Wa Sallam ternyata menjadi suami panutan. Dia bukan hanya berdakwah saja tetapi  juga selalu membantu istri-istrinya seperti Aisyah radhiyallahu 'anha mengerjakan pekerjaan rumah.

Rasulullah Shallallahu 'alahi Wa Sallam mempunyai tugas berdakwah yang luar biasa untuk menyebarkan Islam. Namun beliau tak melupakan perannya sebagai suami dengan memperhatikan keluarganya.

Ustaz Abu Fudhail Abdurrahman bin Umar menjekaskan, mengutip Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin berkata,

الرسول صلى الله عليه وسلم على كثرة مشاغله وأنه إمام الأمة وسلطانها وحاكمها لا يهمل حق أهله؛ حيث يدور على تسع نسوة أو ثمان نسوة في كل يوم، وهذا لا شك أنه مما يجعله الله- سبحانه وتعالى- من البركة في عمر الإنسان، فإن كثيرًا من الناس يضيع عليه الوقت

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersamaan dengan banyaknya kesibukan beliau, beliau adalah imam, penguasa, dan hakimnya umat; beliau tidak lalai terhadap hak keluarganya. Beliau mengelilingi istri-istrinya di setiap hari, hal ini tidak diragukan lagi termasuk dari keberkahan dalam usia seseorang karena kebanyakan manusia menyia-nyiakan waktunya." ( Fath Dzī al-Jalāli wal Ikrām, jilid 4, hlm. 461). 

Bagi yang memperhatikan perjalanan hidup Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, tentu akan mendapatinya sebagai kehidupan yang sangat indah; beliau adalah teladan umat ini, bersamaan dengan kesibukannya yang banyak, perhatian beliau sangat tinggi terhadap keluarganya.

Berikut ini akan kami nukilkan sebagiannya: 

1. Beliau membantu urusan istri-istrinya di rumah, dari Aisyah radhiyallahu 'anha beliau ditanya, 

ما كانَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يَصْنَعُ في أهْلِهِ؟ قَالَتْ: كانَ في مِهْنَةِأهْلِهِ، فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلَاةُ قَامَ إلى الصَّلَاةِ.

"Apa yang dilakukan Nabi shallallahu' alaihi wa sallam tatkala di rumah? Beliau menjawab, 'Beliau berkhidmat membantu istrinya. Apabila masuk waktu salat, beliau menunaikan salat." (al-Bukhari, no. 6039). 

Di dalam riwayat lain Aisyah menjawab, 

يخصِفُ نعلَهُ ، ويعملُ ما يعملُ الرَّجلُ في بيتِهِ . وفي روايةٍ : قالت : ما يصنَعُ أحدُكُم في بيتِهِ : يخصِفُ النَّعلَ ، ويَرْقَعُ الثَّوبَ ، ويَخِيطُ

"Beliau menjahit sandalnya, melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian di rumah."

Dalam suatu riwayat beliau menjawab, "Sebagaimana yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian di rumahnya (yakni seperti)
memperbaiki sandalnya, menjahit, dan menambal bajunya'." (Shahih al-Adabul Mufrad, no. 419). 

Di dalam riwayat lain,

كان بشرا من البشر, يفلي ثوبه, ويحلب شاته, ويخدم نفسه 

"Beliau manusia, sebagaimana manusia yang lain. Beliau membersihkan pakaiannya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya sendiri." (H.R. Ahmad, 6/256. Lihat Ash-Shahihah no. 671)

Subhanallah, alangkah rendah hatinya akhlak Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kepada keluarganya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut