get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES: Berkat AI, Charles Liang Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Tembus Rp98 T

10 Orang Kaya Hong Kong, Teratas Punya Harta Rp589,9 Triliun Versi Forbes

Minggu, 26 Februari 2023 | 07:20 WIB
header img
Kekayaan kolektif 50 orang terkaya Hong Kong 2023 turun sedikit menjadi USD324 miliar atau setara Rp4,9 kuadraliun. Akibat kontraksi ekonomi Hong Kong. (Foto : Ist)  

HONG KONG, iNewsSerpong.id - Turun tipis kekayaan kolektif 50 orang terkaya Hong Kong 2023, menjadi sebesar USD324 miliar dari sebelumnya sekitar USD328 miliar.

Penurunan itu tidak terlepas dari ekonomi Hong Kong yang berkontraksi sebesar 3,5% pada tahun 2022, imbas gangguan ekspor hingga pelemahan permintaan domestik.

Belakangan, proyeksi pemulihan ekonomi berubah positif karena pembatasan akibat pandemi Covid-19 dilonggarkan akhir tahun lalu, dan perjalanan bebas karantina dilanjutkan pada Januari 2023 setelah jeda tiga tahun.

Li Ka-shing Peringkat Pertama

Berdasarkan peringkat, Li Ka-shing masih tetap berada diperingkat pertama dengan kekayaan mencapai USD39 miliar yang jika dirupiahkan menjadi Rp589,9 triliun atau bertambah USD3 miliar dari tahun lalu karena lonjakan aset.

Sementara saham konglomerat infrastruktur itu di CK Hutchison Holdings menyusut seiring pendapatan yang tergerus. Dorongan datang dari peningkatan saham pembuat minuman energi Celsius Holdings hampir dua kali lipat, usai PepsiCo mengumumkan investasi USD550 juta di perusahaan.

Selanjutnya taipan real estate, Lee Shau Kee mempertahankan posisi No. 2 meskipun kekayaan bersihnya turun 11% menjadi USD30.3 miliar di tengah pelemahan pasar properti.

Melihat proyeksi ke depan, Lee's Henderson Land sedang melanjutkan rencananya membangun landmark komersial senilai USD14,6 miliar di tepi pelabuhan Central.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut