get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

Ini Dia, 5 Kurma Paling Mahal di Dunia

Jum'at, 31 Maret 2023 | 16:42 WIB
header img
Saat Ramadhan tiba, sudah jadi tradisi di Indonesia konsumsi Kurma meningkat terutama untuk takjil berbuka puasa.

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Anda tentu sudah familiar dengan Buah yang berasal dari Tanah Arab ini. Kehadiran Kurma di Indonesia identik dengan Bulan Ramadhan. Buah Kurma mendadak laku di pasar karena orang berburu buah kurma untuk takjil puasa.

Harga Kurma bervariasi sesuai dengan macam dan rasanya. Dari berbagai sumber yang Kami himpun, berikut Kami sajikan 5 kurma yang memiliki harga termahal, apa saja?

1.Kurma Mejdool

Memiliki ukuran yang besar dengan tekstur yang kenyal dan lembut menjadikan jenis kurma ini mendapatkan julukan sebagai “Ratu Kurma”. Tidak hanya itu, rasa manisnya yang cukup pekat dan kaya nutrisi membuat Kurma Mejdool ini sering dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari.

Tak hanya itu Pusat Layanan Petani Abu Dhabi menyatakan bahwa kurma jenis ini merupakan yang termahal di dunia. Kurma yang memiliki panjang hampir dua inchi ini memiliki rasa yang kaya dan tingkat kemanisan seperti karamel.

Harganya? Harga per kilonya sekitar 100 dirham atau setara Rp391.000, bahkan untuk kualitas premium bisa mencapai Rp500.000 per kg.


2. Kurma Barhi

Mengapa kurma jenis ini menjadi salahsatu kurma termahal? Karena keunikannya, bentuknya seperti duku dan warnanya kuning. Kurma yang berasal dari Basra, Irak, biasanya disarankan untuk orang-orang yang tidak terlalu menyukai manis yang pekat seperti kurma yang lainnya. 

Harganya per kilogram bisa mencapai Rp200.000 sampai Rp300.000 per kilogram. Bahkan harga kurma Barhi kuning yang segar (tidak diawetkan) bisa lebih mahal

3. Kurma Sukkari

Kurma ini memiliki bentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Banyak orang suka memakannya langsung atau dijadikan isian roti, topping sereal, atau dijus. 

Dibandingkan jenis lainnya, Kurma Sukkari terkenal memiliki daya tahan yang lebih lama. Harganya berkisar antara Rp135.000 hingga Rp180.000 per Kg.

4. Kurma Amber

Kurma ini adalah yang paling populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Timur Tengah. Pasalnya, Kurma Amber memang terkenal di Arab Saudi, dan negara-negara teluk lainnya.  

Kurma Amber termasuk jenis yang banyak disukai di seluruh dunia karena rasa manisnya yang pas. Harganya berkisar antara Rp200.000 sampai Rp400.000 per Kg. 

5. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa dijuluki sebagai Kurma Nabi karena kurma ini pertama kali dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa memiliki warna cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut saat digigit. 

Beberapa tahun yang lalu, untuk kualitas terbaiknya kurma ini dijual senilai 100 Riyal atau setara Rp387.275 per kilogram.*

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut