get app
inews
Aa Read Next : Jangan Abaikan Waktu Penggantian Filter Oli Mobil

Honda Civic Type R Vs Honda Civic Turbo RS, Berikut 13 Perbedaan Keduanya

Senin, 03 April 2023 | 10:30 WIB
header img
Perbedaan antara Honda Civic Type R (kiri) dan Honda Civic Turbo RS (kanan). Foto: dok HPM

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Honda melansir All New Honda Civic Type R harganya dua kali lipat jika dibandingkan dengan Honda Turbo RS yang dipasarkan di Indonesia.  Nah penasaran kenapa harga All New Honda Civic Type R yang dibanderol  Rp1.399.000.000 sementara Honda Civic Turbo RS dibanderol Rp601 juta? Berikut perbedaannya:

  1. Thailand dan Jepang

Honda Civic Turbo RS dan All New Honda Civic Type R sama-sama tidak diproduksi di Indonesia. Bedanya, Honda Civic Turbo RS diimpor utuh (CBU) dari Thailand. Sedangkan All New Honda Civic Type R diimpor dari Jepang.

  1. Emblem Logo

Setiap varian Type R memiliki emblem logo Honda berwarna merah. Umumnya, logo ini hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. Sementara Honda Civic Turbo RS memiliki makna “Everyday Sport” atau mobil sporty untuk penggunaan sehari-hari yang saat ini.

  1. Warna Jagoan

Varian All New Honda Civic Type R memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1 Honda. Sedangkan Honda Civic Turbo RS memiliki warna andalan Ignite Red Metallic.

  1. Eksterior

Walau tampangnya mirip, tampilan eksterior All New Honda Civic Type R jauh lebih agresif dibandingkan Honda Civic Turbo RS. Baik dari fender depan, spoiler, termasuk Triple Outlet Exhaust (tiga knalpot) di tengah. Sedangkan knalpot Honda Civic Turbo RS terpisah di kedua sisi.

  1. Velg

All New Honda Civic Type R menggunakan Alloy Wheel 19 inci berwarna Matte Black dipadu dengan ban berkarakter sport. Sedangkan Honda Civic Turbo RS memakai velg Alloy 17 inci dengan desain palang 5.

  1. Interior

Interior All New Honda Civic Type R mencuri perhatian, lewat kursi serta karpet mobil berwarna merah yang mewah dan nyaman hingga ke kursi belakang. Area kokpit didominasi warna hitam dan merah. Desain jok All New Honda Civic Type R menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red. Kemudian desain roda kemudi menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah. Adapun Honda Civic Turbo RS menggunakan jok maupun tuas kemudi dari kulit.

  1. Nomor Seri Unik

All New Honda Civic Type R disematkan plat nomor seri unik di setiap unitnya. Sehingga setiap kali duduk di dalam kokpit, akan diingatkan sebagai pemilik eksklusif All New Honda Civic Type R. Honda Civic Turbo RS tidak memiliki eksklusivitas ini.

  1. Desain Head Unit dan MID

All New Honda Civic Type R menggunakan 10,2” TFT dan didesain secara eksklusif dimana twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R. Fitur unik lainnya adalah G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil. Head unit dengan layar sentuh 9 inci pada All New Honda Civic Type R dapat digunakan untuk menikmati audio juga fitur Data LogR. Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara yang juga dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat.

  1. Hanya Transmisi Manual

All New Honda Civic Type R hanya tersedia dalam transmisi manual. Keunikan lainnya, desain center console panel, tuas transmisi serta sports pedal All New Honda Civic Type R menggunakan bahan alumunium yang juga sangat kental dengan nuansa sport. Detail instrumen panel A/C All New Honda Civic Type R menggunakan pilihan serta corak warna Polarized gunmetal yang kental nuansa sport. Selain itu terdapat juga Wireless Charging Front USB Port with Charging Function, Armrest with Cup Holder pada konsol tengah.

  1. Mesin

All New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbocharged dengan tenaga maksimal 319 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. Kecepatan maksimalnya 272 km per jam dimana mobil ini mampu mencatatkan waktu 5,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam. Adapun Honda Civic RS 2022 menyajikan tenaga puncak 178 PS. Tenaga ini diperoleh dari mesin 4-silinder 1.500 cc berteknologi DOHC dan dibekali Turbo. Mobil tersebut mampu melontarkan daya maksimal hingga 175,5 HP atau 178 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 240 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis CVT yang punya mode sport dan paddle shift untuk sensasi perpindahan gigi secara manual.

  1. Suspensi dan Teknologi Keamanan

All New Honda Civic Type R dilengkapi dengan adaptive damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi. Baca Juga 8 Fakta All New Honda Civic Type R, Mobil Honda Termahal dan Tercepat di Indonesia

  1. Mode Berkendara

All New Honda Civic Type R punya empat mode berkendara yaitu Comfort, Sport, +R, hingga Individual yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta karakter berkendara pengemudinya. Layar akan tampil eksklusif dengan sentuhan warna merah untuk +R mode dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty saat berada di dalam kabin yang sudah dilengkapi oleh LED Interior & Map Light.

  1. Harga

All New Honda Civic Type R dibanderol Rp1,4 miliar atau 2x lebih mahal dibandingkan dengan Civic Turbo RS yang harganyaRp600juta.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 03 April 2023 - 08:05 WIB oleh Danang Arradian dengan judul "13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS | Halaman Lengkap". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://otomotif.sindonews.com/read/1062903/120/13-perbedaan-honda-civic-type-r-dengan-honda-civic-turbo-rs-1680480248?showpage=all

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios

 

 

 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut