get app
inews
Aa Read Next : Horee, RCTI Siarkan Langsung Duel Timnas Indonesia Melawan Timnas Guinea, Kamis 9 Mei 2024

Siapa Saja Pesepak Bola Bintang yang Jalani Ibadah Puasa Ramadan? Berikut Daftarnya

Kamis, 06 April 2023 | 05:33 WIB
header img
Banyak pesepak bola bintang yang jalani ibadah puasa Ramadan. Mohamed Salah sudah dikenal sebagai Muslim yang taat. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Saat ini, tidak sedikit pemain sepak bola kelas dunia yang berasal dari kalangan keluarga Muslim.

Mereka termasuk rajin menunaikan ibadah puasa sepanjang bulan suci Ramadan. Dan, merasa tidak terganggu dalam melaksanakan aktivitas sebagai pemain bola.

Tak hanya terkenal hebat di lapangan hijau, mereka juga umumnya dikenal publik sebagai penganut Islam yang taat.

Menyongsong bulan Ramadhan, para pemain top tersebut juga tetap menjalankan kewajiban puasa meski tetap harus menjalani kompetisi. 

Ibadah puasa yang dikhawatirkan bisa membuat kondisi pemain tidak prima bukan menjadi alasan bagi pemain bintang tersebut.

Berikut Tujuh Bintang Sepak Bola yang Jalani Ibadah Puasa Ramadan :

1.  Mohamed Salah

Mohamed Salah adalah pemain termahal Liverpool sepanjang masa dan merupakan salah satu muslim yang taat.  Ia bahkan sering melakukan sujud syukur ketika selesai mencetak gol.

Salah salah seorang pesepak top Eropa yang berpuasa di bulan Ramadan. Pemain asal Mesir yang telah membela Liverpool sejak 2017 itu bahkan sering dielu-elukan sebagai contoh pesepak bola Muslim terbaik.

2.  Karim Benzema

Karim Benzema adalah salah satu bintang sepak bola yang dikenal sebagai seorang Muslim yang taat. Bintang Real Madrid tersebut tetap terlihat sering tampil meski sedang berpuasa.

Saat wawancara bersama Esquire Middle East, Benzema mengatakan bahwa puasa Ramadan adalah bagian dari hidupnya. 

Karena itu, puasa tidak berpengaruh terhadap performanya. bahkan, ia merasa lebih baik ketika berpuasa. "Tidak ada dampaknya, Ramadan adalah bagian dari hidup saya dan agama saya menjadikan Ramadan sebagai kewajiban," kata Benzema.

"Bagi saya, ini sangat penting dan saya merasa baik saat berpuasa."

3. Paul Pogba

Bintang Timnas Prancis dan Juventus, Paul Pogba, seorang Muslim yang religius. Semenjak mualaf pada 2013 silam, ia sering terlihat berada di Kabah untuk menunaikan ibadah.

Saat masih berseragam Manchester United, Pogba pernah mengungkapkan bahwa ia sangat terbiasa dengan puasa Ramadan. Ia mengatakan bahwa puasa tidak memberikan efek buruk pada performanya.

"Saya sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Saya juga memiliki ahli gizi profesional di sini, yang membantu saya dengan apa yang harus saya makan dan juga ketika saya berlatih, dia memberi saya beberapa makanan, beberapa protein, jadi saya tidak kehilangan terlalu banyak otot dan tidak apa-apa," ungkap Pogba.

4. Achraf Hakimi

Achraf Hakimi adalah pemain kelahiran Spanyol yang berkebangsaan Maroko. Achraf Hakimi telah memeluk agama Islam semenjak kecil.  Dia juga menjadi seorang muslim yang taat.

Pada Piala Dunia 2022 lalu, Hakimi sempat menjadi sorotan. Ia menjadi teladan setelah menunjukkan rasa hormat dan cintanya kepada sang ibu setelah pertandingan.

Hakimi juga rutin menjalani ibadah puasa meski tengah melakoni kompetisi. Hal itu sudah dilakukannya semenjak membela Real Madrid, Borussia Dortmund, Inter Milan, dan kini PSG.

5. N'Golo Kante

Ketika Thomas Tuchel masih menangani Chelsea, dirinya pernah mengatakan bahwa performa N'Golo Kante mengalami penurunan lantaran berpuasa. Hal itu menunjukkan bahwa Kante adalah salah satu bintang yang taat terhadap kewajibannya sebagai seorang Muslim.

Terlepas Tuchel, Kante terus konsisten berpuasa di hari pertandingan. Hal ini tentu akan dilanjutkan di bulan Ramadhan tahun ini, terlebih ia tengah cedera dan lama tidak bermain. Itulah 5 pemain bintang sepak bola yang menjalankan puasa Ramadan.


N'Golo Kante. (Foto : Ist)

 

6. Antonio Rudiger

Antonio Rudiger juga dikenal sebagai muslim taat. Ia menjadi satu di antara bintang Muslim yang menjalankan puasa.

Saat masih di Chelsea, Rudiger sering kedapatan menjalankan shalat Jumat bareng N'Golo Kante dan Hakim Ziyech.

Dirinya juga konsisten menjalankan ibadah puasa ketika bermain. Bersama Real Madrid, Rudiger tentu meneruskan kebiasaan tersebut.

7. Sadio Mane

Bintang Timnas Senegal dan Bayern Munchen, Sadio Mane, juga merupakan seorang muslim yang menjalankan puasa Ramadhan. 

Saat masih berseragam Liverpool, ia pernah berbicara mengenai bagaimana menjalani puasa Ramadan bersama rekan-rekan sesama Muslim di timnya seperti Mohamed Salah.

“Itu tidak mudah karena bermain dan berlatih selama Ramadan sama sekali tidak mudah,” kata Mane kepada beIN Sports.

“Tapi sebelum Ramadan kami mencoba berbicara dengan kapten dan memberitahu bos bahwa mungkin kami bisa mengubah jadwal untuk berlatih di pagi hari."

“Itu lebih mudah bagi kami dan jika Anda berlatih di pagi hari Anda punya waktu untuk istirahat dan pulang, itu akan sulit jika tidak karena jika Anda berlatih seperti dua atau tiga seperti sebelumnya, itu akan sulit. Pelatih mengatakan ya dan itu membuat segalanya lebih mudah dan kami berusaha melakukan yang terbaik," ungkap Mane .(*)


Sadio Mane termasuk yang rajin berpuasa di bulan Ramadan. (Foto : Instagram/@fcbayern)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 7 Pesepak Bola Bintang yang Jalani Ibadah Puasa Ramadhan, Bintang MU Sangat Antusias ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/sport/soccer/7-pesepak-bola-bintang-yang-jalani-ibadah-puasa-ramadhan-bintang-mu-sangat-antusias/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut