get app
inews
Aa Read Next : Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Banyuwangi, Ganjar Tegaskan Komitmen Sikat KKN

Somalia adalah Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi di Dunia

Senin, 15 Mei 2023 | 06:12 WIB
header img
Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi (Foto/Doc: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Korupsi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi sejumlah negara. Korupsi dapat mempengaruhi beragam aspek kehidupan masyarakat.

Mulai dari kesejahteraan, keamanan hingga perekonomian suatu negara. Terdapat beberapa dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia melansir laman transparency.org.

Negara dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi di Dunia

Somalia terletak di bagian tanduk benua Afrika. Melansir transparency.org, Somalia merupakan negara dengan tingkat korupsi tertinggi.

Diketahui, Somalia menduduki peringkat 180 dari 180 negara menurut Indeks Persepsi Korupsi atau Corruption Perceptions Index (CPI) 2022. Skor Indeks Persepsi Somalia hanya berada di angka 12 dari 100. Sedangkan pada 2021, Somalia berada di peringkat 178 dengan skor 13. 

  • 2. Suriah

Suriah terletak di bagian barat Asia tepatnya di wilayah levant di Timur Tengah. Suriah berbatasan dengan Turki di bagian utara, Irak di bagian timur, Laut Tengah serta Lebanon di bagian barat, Yordania dan Israel di bagian selatan.

Pada 2022, berdasarkan data Transparency International, Suriah berada di peringkat 178 dengan skor 13. Sementara pada 2021, Suriah juga pada posisi dan skor yang sama. 
  • 3. Sudan Selatan

Sudan Selatan merupakan pecahan dari Sudan. Negara ini dinyatakan sebagai negara merdeka pada 9 Juli 2011. Negara yang terletak di timur laut Afrika ini juga termasuk negara dengan korupsi yang tinggi. Pada 2022, Sudan Selatan menempati peringkat 178 dengan skor 13 dalam daftar Corruption Perceptions Index. Sedangkan pada 2021, Sudan Selatan menempati peringkat 180 dengan skor 11. 

Negara yang berada di Amerika Selatan ini juga masuk ke dalam negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia. Venezuela yang beribu kota di Caracas ini menduduki peringkat 177 dengan CPI 14 menurut data Tranparency International.

Posisi ini tidak berubah dibandingkan tahun 2021, di mana Venezuela berada di peringkat 177 dengan skor 14.
  • 5. Yaman

Negara di Timur Tengah lainnya yang berada di lima besar negara dengan korupsi tertinggi di dunia adalah Yaman. Berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi tahun 2022, Yaman berada di peringkat 176 dengan skor 16. Posisi ini dipertahankan Yaman sejak tahun 2021 lalu.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut