get app
inews
Aa Read Next : Industri Otomotif Indonesia Dibanjiri Mobil Listrik China, Ternyata ini Alasannya

Gaikindo Targetkan Penjualan Mobil Naik, Meski Pemerintah akan Batasi Kendaraan Pengguna BBM  

Rabu, 14 Juni 2023 | 18:09 WIB
header img
Penjualan mobil konvensional tampaknya belum terganggu dengan rencana pembatasan oleh pemerintah. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sudah menjadi komitmen pemerintah untuk membatasi kendaraan konvensional berbasis internal combustion engine (ICE) atau bahan bakar fosil (BBM) di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan menyatakan, pemerintah akan membatasi bertahap penggunaan kendaraan bertenaga bensin demi mendorong ekosistem kendaraan listrik.

Langkah ini juga ditempuh untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan udara, terutama di kota-kota besar. Pemerintah pun menargetkan populasi kendaraan listrik di Indonesia dapat mencapai 10% dari total kendaraan pada 2030 mendatang.

Gaikindo Tunggu Kejelasan

Mengutip Bulletin IDX 2nd Session Closing Market, Rabu (14/6/2023), Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengaku menunggu kejelasan arah dan kepastian kebijakan pemerintah kurangi kendaraan konvensional.

Kendati demikian, pihak Gaikindo tetap yakin penjualan mobil nasional yang notabene didominasi bertenaga BBM akan terus menggeliat. Bahkan, Gaikindo merevisi target penjualan mobil nasional pada 2023 dari sebelumnya sebanyak 975.000 unit menjadi 1.050.000 unit.

Tahun lalu, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional mencapai 1.048.040 unit. "Sedangkan pada Januari-April 2023 penjualan wholesales mobil nasional tercatat sebesar 341.111 unit," jelas Jongkie.

Nah pertanyaannya, apakah penjualan mobil listrik juga akan meningkat signifikan? Yang pasti berbagai korporasi besar sudah mulai getol mengembangkan dan mendukung upaya akselerasi penggunaan kendaraan listrik. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 14 Juni 2023 - 17:07 WIB oleh Anggie Ariesta dengan judul "Luhut Akan Batasi dan Persulit Kendaraan BBM, Gaikindo Malah Targetkan Penjualan Naik".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut