get app
inews
Aa Read Next : Molis Gading Serpong Turut Ramaikan Pasar Sepeda Motor Listrik, Pasarkan Smoot dan Volta

Hanya Sekali Isi Daya, Motor Listrik Selis Mampu Tempuh Jarak 280 Km Tercatat di Rekor MURI 

Jum'at, 16 Juni 2023 | 23:42 WIB
header img
Selis E-Max Long Range mampu tempuh 280 km sekali pengisian daya (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sepeda motor listrik Selis E-Max Long Rang mampu menempuh jarak hingga 280 kilo meter (km), Selis dan SMD berhasil mencatatkan rekor MURI.

Rekor tercatat sebagai motor listrik dengan jarak terjauh yang dapat ditempuh hanya dengan sekali pengisian daya. Penyerahan piagam rekor ini dilakukan pada acara Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Triyono, Senior Manager dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), memberikan piagam rekor MURI kepada Selis. Piagam ini diterima oleh Wilson Teoh (Direktur Operasional PT Juara Bike) yang diwakili oleh Robin (GM Commercial), serta kepada Tjandra Widjaja (Direktur PT Sentramitra Dayautama) yang diwakili oleh Ricky Aguinaldo (Sales Manager).

Pada Kamis, 8 Juni 2023, Selis mengirimkan motor listriknya dari Jakarta ke Brebes dengan hanya melakukan satu kali pengisian baterai. Motor listrik yang digunakan adalah Selis E-Max Long Range yang mampu menempuh jarak 280 km. Motor ini dikendarai oleh Theo Randaru dari Selis Center Kelapa Gading, Jakarta Utara, hingga mencapai Exit Brebes, Jawa Tengah.

MURI telah memverifikasi bahwa ini merupakan motor listrik pertama di Indonesia yang mampu menempuh jarak terjauh hanya dengan satu kali pengisian daya. Motor listrik Selis E-Max Long Range (LR) ini mencatatkan rekor jarak tempuh terjauh di Indonesia dengan hanya satu kali pengisian baterai sejauh 280 km.

Motor listrik Selis E-Max LR ini tidak hanya menjadi yang terjauh di antara motor-motor Selis lainnya, tetapi juga menjadi motor listrik pertama di Indonesia yang mampu menempuh jarak terjauh dibandingkan dengan merek motor listrik lainnya.

Theo Randaru membawa motor listrik Selis E-Max LR dari Jakarta ke Brebes melalui jalur Pantura. Rute perjalanannya meliputi berbagai medan, termasuk kemacetan di daerah Bekasi, flyover di Jakarta, dan banyaknya truk di sepanjang perjalanan. Meskipun demikian, Theo Randaru merasa nyaman menggunakan motor Selis E-Max LR dalam menghadapi medan yang beragam ini.

"The build quality-nya bagus. Awalnya saya tidak terlalu berharap banyak karena saya masih belum terlalu familiar dengan produk Selis. Namun, ternyata kualitasnya bagus. Tidak ada keretakan pada bodi, tidak ada suara berdecit, meskipun saya melewati jalan berlubang-lubang di Pantura. Suspensi belakang berfungsi dengan baik. Suspensi depan perlu sedikit penyesuaian. Lampunya terang. Tempat duduknya empuk dan posisi berkendara tidak membuat lelah untuk perjalanan jauh. Artinya, motor ini cukup nyaman untuk penggunaan di perkotaan. Tempat penyimpanan bawaannya cukup luas di bagian dalam, cukup untuk menyimpan jas hujan dan peralatan lainnya. Bagasi cukup luas yang di dalam, muat untuk jas hujan dan tools lainnya. Deck-nya luas, mungkin cukup untuk bawa galon dan tidak mengganggu handling. Performa baterainya bagus dan motornya mudah untuk diajak manuver," jelas Theo Randaru.

Theo Randaru adalah riders yang membawa Selis E-Max LR merupakan rider asal Indonesia yang sudah riding ke daerah Sumatera, bahkan sampai ke daerah Timor Leste.

Selis E-Max Long Range ini merupakan versi terbaru dari motor listrik Selis E-Max yang sudah ada sebelumnya. Baterai pada motor listrik satu ini berjenis Lithium dengan kapasitas 60V 90Ah. Baterai inilah yang membuat Selis E-Max LR bisa mencetak rekor motor listrik terjauh dalam sekali charge. Ada pun motor listrik E-Max Long Range yang dapat dibeli oleh masyarakat bisa mencapai jarak tempuh 230 km menggunakan baterai 60V 70 Ah.

Motor listrik Selis E-Max LR yang bisa tempuh 230 km bisa masyarkat lihat pada 14 Juni - 16 Juli 2023, Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Selis E-Max LR yang bisa menempuh jarak 230 km ini bisa masyarakat beli dengan harga OTR Jakarta Rp32.380.000.

Masyarakat tentunya bisa diringankan dengan skema pembelian tanpa menggunakan kartu kredit. Selain itu, masyarakat akan mendapatkan subsidi sebesar Rp2.000.000,- untuk leasing tertentu dengan skema yang berbeda.

"E-Max Long Range ini merupakan hasil kerja sama Selis dengan PT Sentramitra Dayautama. Dengan jarak tempuh yang semakin jauh ini, masyarakat bisa dengan tenang membawa motor listrik bepergian hanya dalam sekali charge. Hal ini tentunya menjawab keraguan masyarakat akan motor listrik yang hanya bisa menempuh jarak dekat. Selis E-Max LR ini juga menjadi tambahan pada lini kendaraan listrik Selis. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih kendaraan listrik sesuai kebutuhan jarak tempuh, seperti 40 km, 60 km, 120 km, dan 230 km," jelas Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Juara Bike yang memproduksi dan memasarkan Selis.

Ada pun baterai yang ada pada Selis E-Max LR merupakan baterai yang dikembangkan bersama perusahaan baterai dari Indonesia, yaitu PT Sentramitra Dayautama (SMD). SMD merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang energi listrik untuk mendukung penggunaan barang elektronik berbasis baterai, termasuk baterai untuk motor

“Selis E-Max Long Range menggunakan baterai lithium (LiFePO4) dengan kapasitas 60V 70Ah. Baterai ini memiliki bobot 26 kg dan non-removable. Teknologi baterai ini dikembangkan oleh PT Sentramitra Dayautama, dengan keunggulan memiliki performa yang handal bergaransi 3 tahun, keamanan yang tinggi karena jauh dari resiko overheat, serta memiliki kepadatan energi yang baik sehingga kapasitas yang sedemikian besar dapat disematkan ke dalam kompartmen yang ada dan menghasilkan jarak tempuh yang jauh lebih panjang,” jelas Tjandra Widjaya, Direktur PT Sentramitra Dayautama.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut