get app
inews
Aa Read Next : Akibat Ban Pecah Masih Dominasi Kecelakaan, Cermati Proses Penambalan Ban

Peringatan Bagi Pengguna Sepeda Motor Listrik, tak Bisa Sembarangan Ganti Ban Belakang

Senin, 15 Juli 2024 | 05:00 WIB
header img
Pengguna sepeda motor listrik tidak bisa sembarangan mengganti ban motor atau memodifikasnya terutama pada bagian belakang. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pengguna sepeda motor listrik perlu mengetahui bagaimana perawatan motor tanpa emisi ini, terutama soal penggantian ban.

Pengguna sepeda motor listrik tidak bisa sembarangan mengganti atau memodifikasi ban, terutama pada bagian belakang. Mengapa demikian?

Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi, menjelaskan bahwa pada bagian ban belakang sepeda motor listrik terdapat In Wheel Electric Motor.

Penanganan oleh Profesional

Komponen ini berfungsi sebagai motor penggerak roda dengan banyak sistem kelistrikan yang tidak boleh sembarangan dibuka.

"Untuk membongkarnya, sebaiknya dilakukan di bengkel resmi oleh mekanik khusus yang memahami penanganan sepeda motor listrik," ujar Wahyu di Jakarta, Sabtu (15/6/2024).

Wahyu menerangkan bahwa di dalam In Wheel Electric Motor terdapat komponen-komponen penggerak motor listrik. Jika terjadi kerusakan, penggantian harus dilakukan satu paket.

"Jadi, jika ingin mengganti ban untuk memodifikasi atau memang harus diganti, sebaiknya datang ke bengkel resmi agar ditangani dengan baik," katanya.

Wahyu mengingatkan bahwa penggantian ban sebaiknya sesuai dengan spesifikasi motor listrik. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan baterai motor listrik menjadi boros.

"Sama dengan motor bensin, jika ban tidak sesuai atau lebih besar, bisa membuat boros. Di mana baterai jadi cepat habis," ujarnya.

Dalam perawatan sepeda motor listrik, penggantian ban harus diperhatikan dengan baik. Pengguna disarankan untuk melakukan perawatan dan penggantian ban di bengkel resmi dengan mekanik yang ahli. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut