get app
inews
Aa Read Next : 11 Robot Ditugaskan Membersihkan Masjidil Haram

Robot Termahal di Dunia, Harganya Nyaris Tembus Rp40 Miliar

Minggu, 18 Juni 2023 | 04:14 WIB
header img
Robot termahal di dunia, Robot Asimo (Foto: Honda Indonesia)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Robot termahal di dunia saat ini mencapai harga 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 38 miliar. Seiring majunya teknologi dan banyaknya inovasi dari ilmuwan, membuat robot canggih bukanlah hal fiksi lagi. 


Munculnya keberadaan roboh bukanlah hal yang baru, sebab penyebutan robot pertama kali muncul pada tahun 1920. Robot berasal dari bahasa Ceko dari kata robota yang memiliki arti kerja paksa.


Kata robot muncul dalam drama pentas berjudul Rossum's Universal Robot karya Karel Capek. Kehadiran robot dianggap dapat mempermudah pekerjaan manusia, bahkan ada yang menjadikan robot sebagai teman.


Semakin canggih teknologi dan sudah ada kecerdasan buatan membuat harga robot-robot ini bisa selangit. Berikut deretan robot termahal di dunia.

5 Robot Termahal di Dunia


1. Robot Asimo


Robot humanoid Asimo merupakan robot termahal di dunia dengan harga yang dibanderol 2,5 juta dolar AS atau senilai Rp38 miliar. Robot Asimo adalah hasil dari program robotika yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang, Honda.


Robot ini bisa beroperasi di tempat publik, mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta bisa berjalan di berbagai medan. Uniknya lagi, Robot Asimo bisa berlari dan menari.


2. Robot Atlas


Dikembangkan oleh Boston Dynamics, Atlas adalah robot humanoid yang menakjubkan yang mendorong batas-batas robotika. Dengan banderol harga 2 juta dolar AS atau senilai Rp 30 Miliar, Atlas dilengkapi dengan sensor canggih, tangan cekatan, dan kelincahan luar biasa. 


Robot bipedal ini dapat menavigasi medan yang menantang, melakukan tugas yang rumit, dan bahkan meniru gerakan manusia dengan presisi yang mencengangkan.

Aplikasinya berkisar dari respons bencana hingga otomasi industri, menjadikannya inovasi yang luar biasa dan mahal di bidang robotika.


3. Robot Valkyrie


Valkyrie, dikembangkan oleh NASA, adalah robot humanoid yang dirancang untuk misi penjelajahan luar angkasa. Robot ini memainkan peran kunci dalam persiapan manusia untuk eksplorasi Mars.


Dilengkapi dengan kemampuan mobilitas yang canggih, sensor yang sensitif, dan tangan yang sangat presisi, Valkyrie mampu menjalankan tugas-tugas yang rumit dan menuntut di lingkungan yang berbahaya. 

Keunggulan teknologi yang dimiliki Valkyrie menjadikannya salah satu robot termahal di dunia. Robot Valkyrie dijual seharga 2 juta dolar AS atau senilai Rp30 miliar.


4. Robot Kuratas


Kuratas, diciptakan oleh perusahaan asal Jepang, Suidobashi Heavy Industry, adalah robot humanoid yang mengesankan dalam bentuk kendaraan tempur pribadi. 

Dengan kemampuan berjalan, menembak, dan dikendalikan melalui sistem kontrol yang terintegrasi, Kuratas memberikan pengalaman futuristik yang luar biasa. 


Dibangun dengan presisi dan kualitas tinggi, robot ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kamera, peluncur roket, dan tangan yang dapat menggenggam objek berat. 

Dengan harga yang mencapai jutaan dolar, Kuratas menawarkan kombinasi sempurna antara teknologi tinggi dan desain yang mengesankan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut