get app
inews
Aa Read Next : Heboh Kereta Rute Bekasi - Cepu, Gegara Seorang Wanita Hendak Melahirkan

Jajal LRT Jabodebek Bekasi Timur-Dukuh Atas Cuma Bayar Rp1, Berikut  Jadwal dan Cara Daftarnya

Jum'at, 23 Juni 2023 | 13:48 WIB
header img
Naik LRT Jabodebek Tanpa Masinis Cuma Bayar Rp1, Ini Jadwal dan Cara Daftarnya (Foto MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id- Light Trail Transit (LRT) Jabodebek mulai beroperasi mulai 12 Juli 2023. Adapun rute yang dibuka adalah Bekasi Timur-Dukuh Atas. Moda transportasi ini diharapkan dapat mengurai persoalan kemacetan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, saat soft launching, masyarakat cukup membayar Rp1 untuk rute jauh Bekasi Timur-Dukuh atas mulai 12 Juli-18 Agustus 2023. Tarif tersebut untuk satu kali perjalanan untuk rute terjauh.

"Progres LRT Jabodebek sudah mencapai 96 persen, dan kita akan melakukan soft operation tanggal 12 Juli. Nanti kita mengundang masyarakat, stakeholder, untuk mencoba LRT Jabodebek," ujar Didiek dalam fun cycling LRT Jabodebek, Jumat (23/6/2023).

Saat soft launching tersebut, LRT Jabodebek menyediakan 31 trainset dengan 186 kereta, sehingga satu trainset nantinya akan terdiri dari 6 kereta. Masing-masing trainset tersebut dioperasikan tanpa awak, namun dikendalikan dari ruang kontrol milik LRT.

"LRT Jabodebek dioperasikan tanpa masinis, dan dioperasikan dari oeprasional control center di depo bekasi timur. Harapan kami dari LRT Jabodebek bisa memberikan manfaat di masyarakat, memecah kemacetan dari bekasi timur ke arah dukuh atas," jelas Didiek.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI, Mochamad Purnomosidi menjelaskan bakal mengundang beberapa kalangan masyarakat untuk menjajal moda transportasi tanpa awak pertama tersebut. LRT akan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang akan di informasikan melalui media sosial resmi LRT.

Soal kuotanya, untuk masyarakat umum lewat pendaftaran di media sosial dibatasi per hari maksimal 150 orang per perjalanan. Sedangkan link pendaftarannya akan diinformasikan lebih lanjut oleh LRT di media sosial resmi miliknya.

"Jadi kalau mau naik itu harus daftar, karena kan kuotanya dibatasi, tap bisa kartu uang elektronik apapun. Kalau pakai kartu KRL juga bisa karena sistem kita di generate dari KRL, dan di integrasikan dengan moda transportasi lainnya," pungkasnya.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut