get app
inews
Aa Read Next : Jomblo Wajib Simak, ini Tata Cara Sholat Istikharah Jodoh

Lengkap Bacaan dan Artinya, Begini Cara Sholat Istikharah

Selasa, 11 Juli 2023 | 07:09 WIB
header img
Cara sholat istikharah dan waktunya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tata cara sholat Istikharah dan waktunya patut diketahui oleh seluruh umat muslim. Sholat tersebut bisa menjadi solusi untuk dikerjakan saat seseorang tengah bimbang atas pilihan yang sulit perihal urusan jodoh, pendidikan, pekerjaan, atau hal lain yang tidak mengarah pada kemaksiatan.

Pasalnya, inti dari sholat Istikharah adalah meminta untuk dipilihkan oleh Allah sesuatu yang terbaik dari beberapa hal. Dengan demikian, tak ada lagi kegundahan hati yang tersimpan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW disebut telah mengajarkan umatnya untuk melakukan sholat Istikharah. Hadits tersebut berbunyi:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Artinya: Dari Jabir bin Abdullah Ra, berkata, “Rasulullah mengajarkan kepada kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kami Surat Alquran. Jika diantara kalian ingin melakukan suatu perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat (istikharah) kemudian membaca doa" (HR. Bukhari).

Cara sholat Istikharah dan waktunya

Tata cara

Pelaksanaan sholat Istikharah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Sholat tersebut diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam.

Satu-satunya pembeda dari sholat ini hanya terletak pada niatnya. Adapun bacaan niat sholat istikharah  adalah sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii Sunnatal Istikhaaroti Rak’ataini Lillaahi Ta’ala.

Artinya: Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Jumlah rakaat

Para ulama sepakat bahwa sholat Istikharah dikerjakan dengan dua rakaat. Sementara itu, tidak ada ketentuan yang mengharuskan seseorang untuk membaca surat pendek tertentu di masing-masing rakaat.

Waktu pelaksanaan 

Shalat Istikharah boleh dikerjakan kapan pun oleh umat Islam, baik siang, pagi, atau malam. Kendati demikian, terdapat tiga waktu yang dilarang mengerjakan sholat tersebut, yaitu saat matahari terbit, ketika matahari sedang berada di tengah, atau saat matahari terbenam.

Doa setelah shalat istikharah

Setelah selesai salam, umat Islam bisa melanjutkannya dengan membaca doa berikut ini.

للّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (اُذءكُرْ عَنِ حَاجَتُكُمْ) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ. وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut