get app
inews
Aa Read Next : Dijamin Bikin Pasangan Happy, Tips tidak Mudah Lelah saat Berhubungan Badan

Usia Muda Kena Diabetes? Kenali Tandanya : Gampang Haus dan Mudah Lelah

Minggu, 20 Agustus 2023 | 11:31 WIB
header img
Ilustrasi ciri-ciri diabetes di usia muda. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Tak banyak yang tahu apa ciri-ciri diabetes di usia muda. Apa benar gampang haus hingga mudah lelah adalah ciri-ciri gula darah tinggi?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa kadar gula darah harian seseorang sangat fluktuatif. Salah satu yang memengaruhi adalah asupan makanan dan aktivitas.

Kadar gula darah yang tidak terkontrol menurut penelitian terbaru berkaitan dengan penyakit jantung. Sayangnya, risiko kadar gula tinggi atau diabetes ini sudah menyerang anak-anak muda. Itu terjadi karena gaya hidup di usia muda yang tak sehat.

"Pria dan wanita muda dengan kadar gula darah tinggi memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30-50 persen," menurut penelitian dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, dikutip MNC Portal dari Independent, Jumat (18/8/2023).

Karena itu, penting untuk mengetahu ciri-ciri diabetes di usia muda. Setidaknya Anda tahu ciri-ciri kadar gula darah tinggi supaya segera melakukan langkah penanganan.

Lantas, apakah seseorang bisa mengenali kadar gula darahnya sedang tinggi? Jawabannya bisa. Menurut dr Gill Jenkins, seorang ahli kesehatan, berikut ini beberapa tanda yang dikaitkan dengan kadar gula darah tinggi.


Ciri-ciri diabetes di usia muda

1. Merasa sangat haus
2. Banyak buang air kecil
3. Penglihatan kabur
4. Merasa lemah atau lelah
5. Berat badan turun tanpa sebab

"Pada beberapa kasus, kadar gula darah tinggi di usia muda tidak memiliki gejala," kata dr Jenkins.

Dokter Jenkins juga menambahkan ada beberapa hal yang bisa memicu kenaikan kadar gula darah secara mendadak. Salah satunya seperti mengonsumsi makanan manis atau minum alkohol dan soda. 

Jadi, kalau Anda merasa sudah cukup banyak minum tapi tetap saja haus, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kadar gula dalam darah. Terlebih jika kondisi itu berlangsung beberapa hari.

Itulah ciri-ciri diabetes di usia muda.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut