get app
inews
Aa Read Next : Hyundai Berharap tidak Saling Bunuh, Mobil Listrik China Serbu Pasar Indonesia

Fantastis, China Miliki 1,6 Juta Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Kalahkan Amerika Serikat

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:43 WIB
header img
Jumlah SPKLU di China yang sangat fantastis didukung oleh populasi mobil listrik yang juga sangat besar. (Foto : Ist)

BEIJING, iNewsSerpong.id - China menjadi nomor satu di dunia dalam urusan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station. Negeri Tirai Bambu itu telah membangun sebanyak 1,6 juta.

Berdasarkan data China Electric Vehicle Charging Infrastructure Promotion Alliance, seluruh 1,6 juta SPKLU itu dibangun di berbagai wilayah yang ada di China. Penambahan paling besar menurut mereka terjadi pada 2021 dimana sebanyak 936.000 SPKLU didirikan untuk membantu penggunaan mobil listrik.

Masih dalam data yang sama, sebanyak 43 persen SPKLU yang didirikan berada di tempat umum. Sisanya dibuat di wilayah-wilayah bisnis dan pusat perdagangan. Untuk jenis colokan yang disediakan terbagi dua yakni AC dan DC. Hanya 589 SPKLU yang memiliki dua colokan AC dan DC sekaligus.

Capaian yang dilakukan China ini memang tergolong fantastis. Pasalnya jika dibandingkan negara-negara lain, belum ada yang mampu menyamai. Berdasarkan data Statista, Amerika Serikat hanya memiliki 113.600 SPKLU per Januari 2022.

Hanya saja jumlah itu terbilang cukup karena populasi mobil listrik di Amerika Serikat belum mencapai jutaan seperti halnya di China. Begitu juga jika dibandingkan dengan surga mobil listrik , Norwegia. Statista menyebutkan jumlah SPKLU di negara skandinavia itu baru mencapai 16.000. Jumlah itu sudah sangat ideal untuk mendukung total populasi mobil listrik yang baru mencapai 400.000 unit.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut