get app
inews
Aa Read Next : Toco, Seorang Pria Jepang Ubah Diri Jadi Anjing, Jalan-jalan Layaknya Binatang Sungguhan

Ras Tertua dan Langka Masuk 10 Anjing Termahal di Dunia

Selasa, 29 Agustus 2023 | 07:32 WIB
header img
Anjing Tibetan Mastiff menjadi anjing termahal di dunia dengan harga mencapai miliaran rupiah. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Anjing dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan favorit. Meskipun bisa diadopsi tanpa biaya, ada juga anjing termahal di dunia karena jenis atau rasnya yang langka.  

Selain itu, anjing termahal di dunia biasanya memiliki silsilah atau sejarah tinggi. Itu sebabnya, ras anjing termahal ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk perawatan, pelatihan, dan pemeriksaan medis selama masa hidupnya.  

Berikut 10 anjing termahal di dunia, seperti dirangkum iNews dari berbagai sumber, Senin (28/8/2023):

1. Tibetan Mastiff 

Anjing Tibetan mastiff dianggap sebagai simbol status di Tiongkok, karena tampilannya yang agung. Tak heran, Tibetan mastiff termasuk ras anjing termahal di dunia. 

Harga anjing ini bisa berkisar dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Salah satunya adalah milik pengusaha China yang diperkirakan mencapai Rp29 miliar.

Ras anjing kuno yang berasal dari China dan Nepal ini, dibiakkan untuk menjaga kawanan dan rumah tangga dari serigala serta macan tutul. Salah satu ciri anjing ini adalah memiliki bulu di sekitar leher dan bahunya yang tampak seperti memakai syal.  

2. Cekoslowakia wolfdog 

Dikenal sebagai anjing nasional Cekoslowakia ini populasinya sangat langka. Anda harus bersedia terbang ke Cekoslowakia untuk mendapatkan ras anjing ini karena tidak mudah ditemukan di tempat lain.  

Anjing Cekoslowakia wolfdog muncul pada 1955, yang merupakan hasil perkawinan silang German shepherd dengan serigala Carpathian. Harga anjing Cekoslowakia wolfdog dibanderol sekitar 50.000 dolar AS atau sekitar Rp745 juta. 

3. Samoyed 

Anjing Samoyed memiliki tampilan mirip serigala, dan merupakan salah satu ras anjing kuno dari Siberia. Anjing ini mendapat namanya dari orang-orang Samoyed yang membiakkannya untuk membantu menarik kereta luncur dan menjaga rusa. 

Anjing berbulu putih dan tampak selalu tersenyum ini sulit diperoleh dan biaya pemeliharaannya tergolong mahal karena bulunya yang mudah rontok di cuaca panas. Anjing Samoyed memiliki harga sekitar 14.000 dolar AS atau sekitar Rp214 juta. 

4. Lowchen 

Anjing Lowchen dikenal sebagai "anjing singa kecil" dan populer di Eropa selama lebih dari 500 tahun. Pada awal 1970-an, Lowchen berada di ambang kepunahan ketika hanya tersisa 65 ekor di dunia. Meskipun konservasi memungkinkan ras anjing ini bisa kembali bertambah, populasinya di dunia tetap sangat langka. Hal ini membuat harga anjing Lowchen sangat mahal. Seekor anak anjing Lowchen bisa mencapai Rp178 juta.  

5. Chow Chow

Anjing asal Tiongkok ini adalah salah satu anjing tertua dan terlangka di dunia. Seekor anjing Chow Chow berharga sekitar Rp164 juta.

Tak hanya itu, perawatan Chiw Chiw juga mahal karena rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan seperti displasia pinggul dan siku, fungsi tiroid, dan entropion mata.

6. Canadian Eskimo 

Dikenal sebagai anjing pekerja yang dibawa dari Siberia ke Amerika Utara sekitar 1.000 tahun lalu, membuat anjing Canadian Eskimo menjadi salah satu ras anjing tertua dan terlangka di dunia.

Saat ini, diperkirakan populasi anjing Canadian Eskimo hanya sekitar 300. Seekor anak anjing Eskimo Kanada murni dapat membuat Anda membayar sekitar Rp130 juta.  

7. Rottweiler 

Anjing dengan ciri khas kuping tegak ini, dikenal sebagai anjing paling galak di dunia. Tak hanya itu, Rottweiler juga masuk daftar anjing termahal di dunia.

Kebanyakan anjing Rottweiler yang ada saat ini adalah jenis mutt. Rottweiler ras murni dari peternak Jerman asli dapat mencapai harga sekitar Rp134 juta. 

8. Dogo Argentino  

Salah satu ras anjing termahal di dunia adalah Dogo Argentino, yang juga dikenal sebagai Mastiff Argentina. Anjing besar, putih, dan ganas ini dibesarkan untuk berburu babi hutan dan singa gunung. Di beberapa negara, kelangkaannya membuat ras anjing ini sangat mahal dengan biaya sekitar Rp119 juta.    

9. Akita  

Cerita tentang anjing Hachiko atau Hachi menjadikan ras anjing Akita asal Jepang ini menjadi salah satu anjing favorit karena dikenal sangat setia kepada pemiliknya. Tidak mengherankan harganya pun menjadi mahal. Seekor anak anjing Akita pup dapat berharga Rp96 juta.  

10. French bulldog 

Posisi terakhir anjing termahal di dunia adalah French bulldog, karena sulit berkembang biak. Bentuk pinggulnya yang kecil membuat anjing French Bulldog betina hanya bisa melahirkan maksimal 3 anak anjing. Anjing French bulldog harganya sekitar Rp89 juta. 

Demikian 10 anjing termahal di dunia berdasarkan rasnya yang langka dan silsilah yang tinggi. Apakah Anda berminat memeliharanya?

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut