get app
inews
Aa Read Next : Perempuan Inisial L Kendalikan Jaringan Baru Bos Narkoba Fredy Pratama

Fredy Pratama Begini Tampangnya, Big Boss Narkotika yang Punya Banyak Nama Samaran

Selasa, 12 September 2023 | 20:17 WIB
header img
Polri menampilkan wajah Fredy Pratama, bos sindikat narkotika internasional (Foto : MPI/Puteranegara Batubara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bareskrim Polri menyita aset senilai Rp10,5 triliun dari hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait peredaran narkotika dari sindikat narkotika jaringan internasional Fredy Pratama.

Dalam jumpa pers, Bareskrim menampilkan foto wajah terkini Fredy Pratama. Dari keterangan di gambar, Fredy berusia 38 tahun. 

"Jika dikonversikan barang bukti narkoba dan aset TPPU nilainya cukup fantastis sekitar Rp10,5 T, selama 2020-2023," kata Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

Daftar Pencarian Orang

Fredy Pratama tertulis sebagai mastermind atau big boss dari jaringan tersebut. Dia diketahui memiliki beberapa nama samaran mulai dari Miming, The Secret, Cassanova, Mojopahit hingga Airbag. 

Saat ini, otak sindikat narkotika besar ini masih buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).  Wahyu menegaskan pihaknya masih terus memburu Fredy Pratama dengan bekerja sama dan berkoordinasi bersama seluruh pihak terkait baik di dalam maupun luar negeri.

Fredy Pratama diduga mengendalikan peredaran narkotika di Indonesia dari Thailand. "Yang bersangkutan kendalikan peredaran narkoba di Indonesia dari Thailand," kata Wahyu.

Bareskrim berhasil mengamankan 10,2 ton sabu dari pengungkapan kasus sindikat Fredy Pratama sejak 2020 hingga 2023. Sabu sebanyak 10,2 ton tersebut sudah dimusnahkan dan tersisa 120 kg.

Selain itu, Polri juga telah memusnahkan sebanyak 116.346 butir ekstasi. "Sabu sebanyak 10,2 ton, ini sebagian besar sudah dimusnahkan karena ini kasus sudah dari tahun 2020-2023, dan sekarang tersisa 120 kg yang belum dimusnahkan. Kemudian ekstasi sebanyak 116.346 butir sudah dimusnahkan juga," kata Wahyu. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tampang Fredy Pratama, Big Boss Narkotika yang Punya Banyak Nama Samaran ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/tampang-fredy-pratama-big-boss-narkotika-yang-punya-banyak-nama-samaran/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut