get app
inews
Aa Read Next : Alasan Mundur dari Pilpres AS, Joe Biden : Saya Lebih Mencintai Negara ini daripada Jabatan

Singkat dan Menarik, Contoh Kalimat Pembuka Pidato Berbagai Acara

Sabtu, 23 September 2023 | 15:07 WIB
header img
Contoh kalimat pembuka pidato. (freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Contoh kalimat pembuka pidato ini bisa menjadi referensi untuk persiapan berpidato di hadapan banyak orang dalam suatu acara. 

Melakukan pidato di hadapan banyak orang bisa menjadi hal yang sulit bila tidak dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus membuat materi pidato terlebih dahulu agar dapat memberikan kesan menarik kepada audiens.

Sebelum menyampaikan isi atau pesan yang terkandung dalam sebuah pidato, orator akan menyampaikan kalimat pembuka. Hal ini untuk memberikan kesan santai dan lebih menarik sehingga mampu memancing perhatian pendengar.

Selain itu, tanpa perkenalan topik, struktur pidato tidak akan lengkap dan naskah kamu pun tidak tersusun dengan baik.

Bagi kamu yang masih bingung dalam membuat kalimat pembukaan pidato, berikut ini beberapa referensi yang dijadikan contoh, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (22/9/2023).

Contoh Kalimat Pembuka Pidato

Contoh 1

Pertama-tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah Swt. Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita haturkan selawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang...

(kemudian masuk ke isi pidato).

Contoh 2

Assalamualaikum w.w.

Rekan-rekan yang tercinta,

Pernahkah Anda berpikir mengapa para pengusaha cenderung memiliki postur tubuh yang subur dan selalu happy? Sebab mereka tidak pernah menjadi sarden di pagi hari seperti pegawai pada umumnya. 

Kecuali saya, pebisnis yang masih menjadi beef steak di jalan. Meski sudah ada AC tetap saja panas membara di dalam diri akibat macet. Jika nanti sekalian mempraktekan apa yang saya bicarakan hari ini, harus memastiman jangan sampai menjadi sarden atau beef steak seperti saya, ya. Gak enak, lo!

Oleh sebab itu, saya berdiri di sini untuk memberikan solusi enaknya menjadi wirausaha yang tepat.

Contoh 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Alhamdulillahirobbilalamin, semua aktivitas baik kita di hari ini tidak terlepas dari nikmat dan karunia dari Allah SWT. Masha Allah, kita semua di sini adalah orang-orang terpilih yang Allah gerakkan hatinya untuk berkumpul. 

Semoga semua yang hadir diberikan keberkahan dalam setiap perjalanannya menuju tempat ini. Semoga Allah SWT juga menjaga kita semua di dalam tempat ini, maupun di luar tempat ini. Semoga apa yang disampaikan bisa diaplikasikan dalam kehidupan. 

Hadirin sekalian, dalam kesempatan yang agung ini, izinkanlah saya berpidato tentang, “Representasi Rukun Islam di Kehidupan Sehari-hari”.

Sedikit sentuhan basa-basi singkat di pembukaan membuat nuansa pidato kamu menjadi lebih segar. Amati dan modifikasi contoh kalimat pembuka pidato di sekolah yang simple di atas ketika dibutuhkan untuk berbagai acara lomba maupun pelajaran biasa.

Contoh 4

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya masuk ke inti pidato saya hari ini, mari kita merenungkan sejenak apa yang telah terjadi di dekat kita, di lingkungan kita. Betapa memprihatinkan keadaan di sekitar kita. Banyak orang yang masih belum tergerak hati nya untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan masih ada yang tidak segan untuk membuang sampah dari dalam kendaraan pribadi mereka. 

Fenomena tersebut tentu saja membuat lingkungan kita tidak bersih dan kurang sedap dipandang. Tidak hanya itu, aroma sampah yang berserakan mengganggu dan dapat menjadi sumber penyakit. Terlebih lagi, bencana banjir bias mengancam lingkungan kita. Bukankah keadaan-keadaan tersebut membahayakan? Sudahah kita menjaga lingkungan kita dengan baik?

Melalui pidato ini, saya ingin mengajak hadirin sekalian untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih.

Hadirin yang berbahagia,

(Isi Pidato)

Contoh 5

Hadirin sekalian,

Apakah Anda pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, atau TTM (teman tapi mesra). Hahaha. Baiklah, kembali lagi pada hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus. Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

Hadirin sekalian,

(Isi pidato)

Demikian ulasan tentang contoh kalimat pembuka pidato yang bisa menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut