get app
inews
Aa Read Next : Forbes Rilis 10 Orang Terkaya di Indonesia 2024

Elon Musk Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Inilah Sumber Kekayaannya

Senin, 25 September 2023 | 12:17 WIB
header img
Sumber kekayaan Elon Musk. (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sumber kekayaan Elon Musk menjadi buah bibir masyarakat dunia. Pasalnya, CEO Tesla itu masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes

Menurut Forbes, Elon Musk mengantongi 248,7 miliar dolar Amerika. Pemilik X Twitter itu unggul dari konglomerat dunia lainnya seperti Keluarga Bernard Arnault, Jeff Bezos, hingga Larry Ellison.

Lalu dari mana saja sumber kekayaan Elon Musk? Penasaran dengan hal tersebut? Yuk Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum Forbes, Sabtu (23/9/2023). 

Sumber Kekayaan Elon Musk 

1. Tesla

Sumber kekayaan Elon Musk sebagian besar berasal dari perusahaan yang dimilikinya yakni Tesla Inc. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan penyimpanan energi dari Amerika Serikat.

Elon menjadi pemilik pemegang saham sebesar 21 persen di Tesla. Baru-baru ini menurut Bloomberg, perusahaan otomotif itu mampu melampaui nilai pasar ExxonMobil yakni dengan nilai 272 miliar dolar Amerika atau setara Rp3,8 triliun. 

2. SpaceX 

SpaceX juga menjadi salah satu sumber pundi-pundi Elon selanjutnya. Masih dari sumber yang sama, perusahaan yang bergerak di bidang antariksa itu 127 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp1,950 triliun.

Selain itu SpaceX juga merupakan perusahaan antariksa swasta pertama yang dapat mengirim astronot ke stasiun luar angkasa internasional. 

3. Boring Company

Tak hanya dari perusahaan Tesla dan SpaceX, Boring Company juga termasuk salah satu penyumbang terbesar kekayaan Elon sejauh ini.

Perusahaan yang didirikan pada 2016 itu merupakan perusahaan yang menyediakan fasilitas kota berupa terowongan yang dapat dilalui oleh kendaraan. 

Berdirinya Boring Company ditujukan untuk mengatasi permasalahan kemacetan di kota-kota besar Amerika Serikat. Kini perusahaan itu memiliki valuasi nilai 5,7 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp87,5 triliun. 

4. Twitter

Pada Oktober 2022 silam, masyarakat di seluruh dunia dikejutkan dengan kabar Elon berhasil mengakuisisi Twitter senilai 44 miliar dolar Amerika atau sekira Rp660 triliun. 

Namun, setelah berhasil melakukan hal itu Elon sempat mendapatkan banyak kritik dari berbagai pihak. bos Tesla itu tak segan untuk mendepak chief executive dan chief financial officer di perusahaan media sosial tersebut. 

Setelah merubah logo Twitter menjadi X, kini valuasi nilainya hanya sebesar 20 miliar dolar Amerika atau sekira Rp302 triliun. 

5. Zip2

Zip2 merupakan perusahaan pertama dan menjadi langkah awal bagi  Elon di dunia bisnis. Bersama saudaranya, Kimbal Musk, ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan dan perlisensian software ini pada 1995.

Namun sayang, Elon dan saudaranya harus menjual Zip2 ke perusahaan software Compaq Computer Corporation pada 1995 silam. Musk memperoleh 307 juga dolar Amerika atau setara dengan Rp4,7 triliun) plus 34 juta dolar Amerika atau sekira Rp522 triliun dalam bentuk saham. 

Nah, itulah ulasan mengenai sumber kekayaan Elon Musk. Semoga informasi ini dapat menginspirasi kamu ya!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut