get app
inews
Aa Read Next : Polisi Sita 428 Kg Sabu dan 162.932 Ekstasi dari 13 Bandar Narkoba Kelas Kakap yang Ditangkap

Kekayaannya Bikin Geleng Kepala, ini 5 Bandar Narkoba Terbesar di Dunia

Kamis, 28 September 2023 | 07:59 WIB
header img
Daftar bandar narkoba terbesar di dunia, salah satunya Pablo Escobar (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Daftar bandar narkoba terbesar di dunia ini memiliki harta yang bikin geleng kepala. Mereka bisa meraup untung besar, meski bisnis mereka dilarang di seluruh dunia.

Bandar narkoba yang masuk dalam daftar ini merupakan mereka yang menjalankan bisnis obat-obatan terlarang, terkadang tak langsung tersentuh hukum karena kekuatan pengaruh.

Sulit untuk mendapatkan data yang akurat mengenai perdagangan narkoba secara global. Namun, hasil perdagangan narkoba internasional bisa ditemui dari hasil penelitian dan pemberitaan media.

Bandar narkoba jelas tak bayar pajak terkait bisnisnya serta tak ada catatan akuntansi untuk mengetahui angka pasti kekayaan mereka. Namun pada 2012 Business Insider mengungkap kekayaan mereka. Seiring berjalannya waktu terjadi inflasi dan perubahan nilai mata uang.

Berikut 5 bandar narkoba terbesar di dunia:

1. Pablo Escobar

Salah satu pendiri Kartel Medellin Kolombia ini diperkirakan memiliki kekayaan 33,91 miliar dolar AS atau sekitar Rp525 triliun (kurs saat ini). Dia juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia semasa hidupnya. 

Bahkan, kehiupan Escobar sampai dibuat dalam film dokumenter melalui serial Netflix, Narcos. Dia terbunuh saat penggerebekan polisi dan militer pada 1993.

2. Amado Carrillo Fuentes

Sebagai kepala Kartel Juarez, Amado juga pernah menjadi orang terkaya di dunia sebelum meninggal. Dia meninggal setelah menjalani operasi plastik pada 1997 guna mengubah penampilan sehingga tak dikenali lagi.

Kekayaannya diperkirakan mencapai 28,26 miliar dolar AS atau sekitar Rp457 triliun.

3. Semion Mogilevich

Bos dari segala bos mafia Rusia, Semion, merupakan salah satu bandar narkoba terbesar di dunia. Dia diyakini masih hidup bebas. 

Kekayaannya mencapai 10 miliar dolar AS atau Rp154 triliun. Selain berasal dari perdagangan narkoba, dia juga menjalankan usaha atau bisnis militer swasta, yakni pembunuh bayaran, perdagangan senjata, serta prostitusi.

 

4. Dawood Ibrahim Kaskar

Kaskar berasal dari India dan menjadi buronan pada 1993. Berdasarkan data FBI, Kaskar merupakan orang ketiga dalam daftar buronan paling dicari di dunia. 

Kaskar diperkirakan memiliki harta 7,57 miliar dolar AS atau sekitar Rp117 triliun. Pemerintah India dilaporkan tidak mengetahui atau mendengar keberadaan atau kondisinya.

5. Ochoa Bersaudara

Ochoa juga menjadi pendiri Kartel Medellin bersama Escobar. Ochoa terdiri atas Jorge, Juan, dan Fabio. 

Jorge diketahui hanya mendapat sedikit dari kekayaan gabungan ketiga bersaudara itu yakni sebesar 6,78 miliar dolar AS atau sekitar Rp104 triliun. 

Jorge menyerahkan diri pada 1991 dan menjalani hukuman penjara selama 5,5 tahun. Sedangkan Juan meninggal pada 2013, sementara Fabio menjalani hukuman 30 tahun penjara di Amerika Serikat.

Itulah 5 bandar narkoba terbesar di dunia. Meski bergelimang harga yang banyak serta tentu saja kemewahan, mereka tak bisa hidup dengan nyaman karena terus diburu. Setidaknya mereka juga menghadapi ancaman para kartel narkoba pesaing, seperti terjadi di Amerika Latin.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut