get app
inews
Aa Read Next : Dessert Pilihan Lebaran 2024, Tips Mudah Membuat Cheesecake Tanpa Oven  

Patut Diamalkan dalam Kehidupan, 5 Ayat Alquran tentang Keluarga

Kamis, 05 Oktober 2023 | 07:48 WIB
header img
Ayat Alquran tentang keluarga (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ayat Alquran tentang keluarga berikut patut untuk disimak. Ayat-ayat tersebut memberikan pengajaran tentang pentingnya mencintai dan menghormati anggota keluarga.

Tak hanya itu, ayat ini juga memerintahkan umat Islam untuk terus memberikan pengaruh yang baik terhadap keluarga dan memperingatkan mereka akan ajaran yang benar.

Dengan memahami dan mengamalkan ayat-ayat Alquran tentang keluarga, diharapkan dapat terbentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Ayat Alquran tentang Keluarga

Adapun beberapa ayat Alquran tentang keluarga dan terjemahannya adalah sebagai berikut.

1. QS. Taha ayat 32

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَّحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

Artinya: Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezeki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.

2. QS. Ar Rum ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

3. QS. Al Isra ayat 26

وَءَاتِ ذَا ٱلْقُرْبَىٰ حَقَّهُۥ وَٱلْمِسْكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا 

Artinya: Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

4. QS. At Tahrim ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

5. QS. Al Baqarah ayat 187

هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

...Hunna libasul lakum wa antum libasul lahunn...

Artinya: Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka... 

Demikian ayat Alquran tentang keluarga dan terjemahannya. Ayat-ayat tersebut patut diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut