get app
inews
Aa Read Next : Peredaran Kosmetik tak Berizin Diawasi Ketat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang

Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Gandeng Fasilitas Kesehatan

Minggu, 05 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang terus memantau masyarakat, terutama yang mengalami gejala serupa cacar monyet.. (Foto : Pemkab Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Guna mencegah penyakit monkeypox atau cacar monyet, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan beberapa puskesmas dan fasilitas kesehatan

Selain itu, Dinkes juga mengantisipasi dan memantau masyarakat, terutama yang mengalami gejala serupa cacar monyet.

Sampai saat ini, beber Kepala Dinas Kesehatan Achmad Muchlis, belum ada kasus cacar monyet yang tercatat di Kabupaten Tangerang. Hal ini berkat upaya pencegahan yang telah dilakukan oleh berbagai pihak, terutama tenaga kesehatan.

Mirip Cacar Monyet

"Iya, saat ini kami bersyukur karena tidak ada kasus yang tercatat. Kami dan tim kesehatan terus berupaya memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar mereka tahu cara menghindari penyakit cacar monyet," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat yang mengalami gejala mirip cacar monyet agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Masyarakat diingatkan agar tidak terburu-buru menyimpulkan, karena ada kemungkinan penyakit lain yang mungkin terjadi.

"Kami akan terus memperbarui informasi terkait kasus monkeypox ini. Jika ada yang terkena cacar monyet, pasti akan kami umumkan," jelasnya.

Seluruh fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas dan rumah sakit, telah dilengkapi dengan tim surveilans yang akan melacak di 29 kecamatan dan 44 puskesmas, semua harus waspada terhadap kasus tersebut.

Achmad Muchlis berharap bahwa dengan upaya bersama Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya, Kabupaten Tangerang dapat terhindar dari penyakit menular seperti cacar monyet serta penyakit menular lainnya.

"Karena cacar monyet adalah penyakit menular yang dapat menyebar kepada siapa saja, saya berharap masyarakat dapat hidup sehat, menghindari perilaku seks bebas, dan mengurangi kontak dengan penderita monkeypox atau cacar monyet," tambahnya seperti dipublikasi Pemkab Tangerang.

Sebagai informasi tambahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang telah menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang sebagai langkah antisipatif apabila ada pasien yang terdiagnosis menderita cacar monyet atau monkeypox.(*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut