get app
inews
Aa Read Next : Jadi Dibangun? Ini Kabar Terbaru Soal MRT sampai ke Tangerang Selatan

Begini Kondisi Dua Warga Kota Tangerang Selatan Positif Terpapar Mpox

Kamis, 05 September 2024 | 13:56 WIB
header img
Sebanyak dua warga Kota Tangsel positif terpapar Mpox. Bagaimana kondisinya? (Foto/Ilustrasi: Ist)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Dua warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) positif terpapar cacar monyet atau Monkeypox (Mpox). Demikian dikonfirmasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, menjelaskan bahwa awalnya terdapat lima orang dengan gejala Mpox. Namun, setelah pemeriksaan, dua di antaranya terkonfirmasi positif.

"Kasus terkonfirmasi positif sebanyak dua orang," kata Allin, Rabu (4/9/2024).

Dia memastikan bahwa kedua pasien tersebut sudah pulih dan dalam kondisi baik. "Kondisi pasien sudah sembuh," imbuhnya.

Jadi Perhatian Internasional

Sebelumnya, pada 14 Agustus 2024, Direktur Jenderal WHO menetapkan kembali status Mpox sebagai kedaruratan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (Public Health Emergency of International Concern atau PHEIC).

Pada 20 Agustus 2024, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan Surat Edaran tentang peningkatan kewaspadaan terhadap Mpox di berbagai akses masuk pelabuhan dan bandar udara yang melayani lalu lintas domestik.

Penyakit Mpox disebabkan oleh virus monkeypox dan terklasifikasi sebagai emerging zoonosis. Penularan bisa terjadi melalui droplet, kontak langsung dengan lesi, serta cairan tubuh, termasuk benda-benda yang terkontaminasi.

Gejala Mpox mirip dengan cacar air, meskipun lebih ringan. Beberapa gejala yang umum meliputi sakit kepala, demam tinggi (di atas 38,5 derajat Celsius), ruam, nyeri otot, sakit punggung, kelemahan tubuh, dan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut