get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Agar Mesin Skutik tetap Performa Optimal: Ganti Oli Secara Rutin Jaga Kinerja Mesin

Rutin Ganti Oli hingga Beli Pakai Voucher, Bagian dari Cara Hemat Bensin Mobil

Jum'at, 10 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Selain perawatan rutin, gaya dan cara berkendara menjadi faktor penting dari hemat atau tidaknya konsumsi BBM. (Foto : MNC)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sejumlah cara untuk menghemat bahan bakar mobil yang bisa diterapkan dalam situasi sehari-hari.

Selain melakukan perawatan rutin, gaya dan cara mengemudi juga menjadi faktor penting dalam menentukan seberapa hematnya konsumsi bahan bakar (BBM).

Cara Hemat BBM

Lalu, bagaimana cara menghemat bahan bakar agar tidak boros? Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan :

1.     Service Berkala Lakukan servis berkala untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima. Mobil yang tidak dalam kondisi baik akan memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

2.     Rutin Ganti Oli Gantilah oli secara rutin sesuai dengan rekomendasi, sekitar setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali. Oli yang sudah terlalu lama dipakai dapat membuat mesin bekerja lebih berat dan mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

3.     Gunakan Bahan Bakar yang Tepat Pastikan untuk menggunakan bahan bakar sesuai dengan anjuran Research Octane Number (RON) agar proses pembakaran berjalan dengan baik. Penggunaan bahan bakar dengan kadar oktan yang tidak sesuai dapat membuat mesin bekerja tidak optimal.

4.     Jaga Tekanan Angin Ban Periksa secara rutin tekanan angin pada ban mobil. Tekanan angin yang kurang dapat meningkatkan hambatan gulir dan membuat mesin bekerja lebih berat, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

5.     Bersihkan Filter Udara Pastikan untuk membersihkan filter udara secara rutin karena filter udara yang kotor dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar mobil.

6.     Hindari Pengereman Mendadak Jaga agar pengereman tidak terlalu mendadak saat melakukan akselerasi, untuk menjaga agar konsumsi bahan bakar lebih hemat.

7.     Gunakan Gigi yang Tepat Pastikan untuk menggunakan gigi yang sesuai dengan kondisi medan yang dilalui. Gunakan gigi rendah saat melewati tanjakan dan gigi tinggi untuk medan yang datar.

8.     Atur Kecepatan Mobil Pengaturan kecepatan mobil juga penting untuk menghemat bahan bakar. Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin besar pula konsumsi bahan bakarnya.

9.     Kurangi Penggunaan AC Kurangi penggunaan AC secara berlebihan karena penggunaan AC akan membuat kompressor bekerja lebih keras, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

10. Manfaatkan Voucher Manfaatkan voucher untuk pembelian bahan bakar guna menghemat pengeluaran. (*)

 

Artikel ini pertama kali diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 02 November 2023 - pukul 17:34 WIB oleh Andre Purwanto dengan judul "10 Cara Menghemat Bensin Mobil, Rutin Ganti Oli hingga Beli Pakai Voucher". Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan berikut: https://otomotif.sindonews.com/read/1241669/120/10-cara-menghemat-bensin-mobil-rutin-ganti-oli-hingga-beli-pakai-voucher-1698919917

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut