get app
inews
Aa Read Next : Berpuasa dengan Melewatkan Sahur ini Bahayanya

Selalu Tersenyum dan Berlapang Dada, Akhlak Muslim Terbaik

Sabtu, 04 November 2023 | 22:47 WIB
header img
Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada. (Foto/Ilustrasi : Ist)

AKHLAK seorang muslim dianjurkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari amarah, dan selalu berlapang dada.

Dikutip dari buku 'Nikmatilah Hidup Anda' karya Dr. Muhammad bin Abdurrahman Al Arifi (Pustaka Yassir) mengisahkan tentang Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengajarkan kepada kita arti berlapang dada.

Dalam kisah tersebut, terjadi saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan dan seorang Badui mengejarnya, lalu menarik baju Nabi sehingga meninggalkan bekas tarikan di leher beliau.

Badui Minta Harta

Pertanyaannya, mengapa si Badui berperilaku demikian? Apa yang ingin disampaikan olehnya? Mari kita simak apa yang diinginkan oleh Badui tersebut.

Badui tersebut berkata, "Hai Muhammad! Berilah aku sedikit dari harta Allah yang ada padamu." Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menoleh ke arahnya, tertawa, dan memerintahkan agar memberinya sesuatu (HR. Al-Bukhari).

Perhatikan, sang Badui tidak memanggil Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan panggilan yang layak dan penuh penghormatan, ia memanggilnya dengan 'Hai Muhammad!' dan bahasanya dalam permintaan juga kurang sopan.

Meski demikian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak tersinggung, melainkan menanggapinya dengan keceriaan.

Bagaimana untungnya jika Nabi dihadapi dengan bentakan dan penolakan? Apakah bekas tarikan di leher Nabi akan hilang? Apakah perilaku buruk sang Badui akan berubah?

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut