get app
inews
Aa Read Next : Diduga Setubuhi Istri Orang, Kades di Empat Lawang Kepergok Warga

Pemeriksaan Mutu Beras Bantuan oleh DPKP Tangerang Sebelum Disalurkan ke Warga

Rabu, 08 November 2023 | 17:20 WIB
header img
Pemeriksaan kualitas beras bantuan pangan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang. (Foto : Pemkab Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Pemeriksaan kualitas beras bantuan pangan untuk distribusi bantuan pangan Pemerintah, pada termin kedua periode November 2023, diselenggarakan di Gudang BULOG Cikande, Serang, Senin (6/11/2023).

Pemeriksaan kualitas beras oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bertujuan untuk memastikan bahwa beras bantuan yang akan didistribusikan di wilayah Kabupaten Tangerang, layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala DPKP, Asep Jatnika, menjelaskan bahwa distribusi beras di wilayah Kabupaten Tangerang pada periode tersebut bertujuan untuk 139.358 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan penambahan sebanyak 3.135 KPM untuk bulan ini.

Didistribusikan di 29 Kecamatan

"Iya, bulan ini ada penambahan sebanyak 3.135 KPM yang akan menerima alokasi bantuan selama 3 periode secara langsung atau digabungkan, sehingga total KPM bulan ini menjadi 136.223 KPM, dengan total alokasi beras sebanyak 1.456.280 kilogram yang akan didistribusikan di 29 Kecamatan," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pemeriksaan kualitas beras melibatkan beberapa tahap, antara lain pemeriksaan visual terhadap kondisi fisik beras dan kemasannya, serta pengukuran kadar air beras.

"Hasil pengukuran menunjukkan bahwa beras yang akan didistribusikan memiliki kualitas baik, dengan warna putih yang cerah, tanpa bau, kemasan dalam kondisi baik, dan memiliki kadar air rata-rata sebesar 12,6%, yang masih berada di bawah standar maksimal kadar air beras sebesar 14%," terangnya sebagaimana dipublikasi Pemkab Tangerang.

Selain DPKP Kabupaten Tangerang, kegiatan pemeriksaan juga melibatkan tim dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, serta didampingi oleh pihak Perum BULOG Cabang Tangerang. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut