get app
inews
Aa Read Next : Live iNews TV, Final Thomas dan Uber Cup, Indonesia Kontra China Hari ini

Gregoria ke Semifinal Japan Masters 2023, Jonatan Disingkirkan Viktor Axelsen

Jum'at, 17 November 2023 | 15:17 WIB
header img
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Twitter/@INABadminton)

KUMAMOTO, iNews.Serpong.id – Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung berhasil melaju ke babak semifinal Japan Masters 2023. Berbeda dengan Gregoria, tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie disingkirkan jagoan Denmark Viktor Axelsen di perempat final Japan Masters 2023.

Kedua laga berlangsung di di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Jumat (17/11/2023) siang WIB. Gregoria mengalahkan perwakilan Singapura, Yeo Jia Min dengan skor dua game langsung, 22-20 dan 21-19. Jonatan kalah 21-15, 18-21, dan 9-21. 

Kekalahan Jojo—sapaan Jonatan Christie—menyisahkan satu wakil Indonesia di semifinal di semifinal turnamen Super 500 itu. Selanjutnya, pebulutangkis putri Indonesia ini akan menghadapi Beiwen Zhang, unggulan ketujuh dari Amerika Serikat. 

Jojo memulai pertandingan dengan sangat percaya diri. Dia membuat Axelsen melakukan kesalahan sehingga mampu memimpin 6-3. Di sisi lain, Axelsen tampak belum bisa beradaptasi dengan kondisi lapangan yang cukup berangin. 

Alhasil, pukulan pemain rangking satu dunia itu sering keluar dari lapangan. Jonatan pun dengan nyaman menginjak interval game pertama lebih dulu dengan skor 11-5. Usai rehat, Jojo masih mampu menekan hingga bisa menjaga keunggulannya di angka 15-10. Namun, perlahan-lahan Axelsen bisa keluar dari tekanannya dan memangkas ketertinggalannya menjadi 15-16. 

Akan tetapi, Jojo mampu menemukan sentuhan terbaiknya lagi dan kembali menekan Axelsen. Pemain berusia 26 tahun itu pun mendapatkan lima poin beruntun untuk menutup game pertama dengan kemenangan 21-15. 

Pertarungan sengit terjadi di awal game kedua. Kedua pemain saling mengejar angka hingga mencapai skor 4-4. Sayangnya, setelah itu Jonatan membuat kesalahan beruntun sehingga tertinggal 4-7 dan kemudian 5-9. 

Tak menyerah begitu saja, pemain kelahiran Jakarta itu berusaha keras memberikan perlawanan pada Axelsen dan bisa mendekat lagi di angka 9-10. Namun, smash menyilangnya keluar sehingga dia tertinggal 9-11 di interval game kedua. 

Usai jeda, Jonatan sempat ketinggalan 11-14 dari Axelsen. Namun, dia menampilkan permainan menyerang yang luar biasa sampai akhirnya bisa balik menekan dan berbalik unggul 15-14. Sayangnya, Jojo kembali melakukan error sendiri beberapa kali dan membuat Axelsen memimpin lagi 16-14 dan akhirnya merebut game kedua dengan skor 21-18. 

Pada game penentuan, Jonatan masih terus melakukan demi kesalahan sehingga tertinggal 1-5. Axelsen semakin percaya diri menekan dengan serangan smash-smash kerasnya untuk memperlebar keunggulannya menjadi 8-1 dan kemudian 11-2 saat interval. Jojo tampak sudah tak mampu lagi memberikan perlawanan pada pemain berusia 29 tahun itu. Dia semakin tertinggal jauh di angka 4-15 sampai akhirnya tumbang dengan skor 9-21. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut