get app
inews
Aa Read Next : Ojol hingga Kurir Berhak dapat THR, itu Keputusan Pemerintah  

Anggaran Rp38 Triliun Disiapkan Pemerintah, Antisipasi Pemilu 2 Putaran

Kamis, 30 November 2023 | 06:11 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani siap menggelontorkan dana Rp38 triliun di tahun 2024 untuk mengantisipasi Pemilu berlangsung dua putaran. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemerintah siap mengalokasikan dana sebesar Rp38 triliun untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Anggaran ini diarahkan sebagai antisipasi dalam skenario adanya dua putaran pemilihan.

"Tahun depan, kita akan terus mendukung pelaksanaan Pemilu dengan total anggaran Rp38 triliun, mengantisipasi kemungkinan adanya putaran kedua," ungkap Menteri Keuangan, pada Rabu (29/11/2023).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran untuk Pemilu sebesar Rp30,1 triliun tahun ini. Hingga Oktober 2023, lebih dari 50 persen dari total anggaran tersebut telah dialokasikan.

Dana Anggaran Pemilu

"Penggunaan anggaran untuk pemilu sudah melebihi 50 persen hingga Oktober 2023. Dari total alokasi Rp30,1 triliun, sekitar Rp18,8 triliun telah digunakan," ungkap Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatawarta, dalam Konferensi Pers APBN KITA Edisi November 2023.

Ia menambahkan bahwa dana anggaran telah disalurkan ke 16 Kementerian/Lembaga (K/L), termasuk KPU dan Bawaslu yang menerima alokasi anggaran terbesar.

"Alokasi anggaran terbesar berada di KPU dan Bawaslu, dengan total Rp16,3 triliun, sementara 14 K/L lainnya telah menggunakan anggaran sebesar Rp2,6 triliun," jelasnya. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pemerintah Siapkan Anggaran Rp38 Triliun di 2024 untuk Antisipasi Pemilu 2 Putaran ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/pemerintah-siapkan-anggaran-rp38-triliun-di-2024-untuk-antisipasi-pemilu-2-putaran.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut